Setelah Pekanbaru, Giliran Rohil Terapkan E-money di Sekolah

Syamsuar662.jpg
(Diskominfotik)

RIAU ONLINE, ROHIL-Penerapan e-money atau uang elektronik menjadi salah satu program yang diinginkan Gubernur Riau, Syamsuar. Ia pun mengajak kepala sekolah (kepsek) yang ada di Riau untuk menerapkan hal tersebut.

 

Pernyataan itu pun sempat digaungkan Syamsuar saat melantik 188 Kepsek SMA/SMK/SLB se-Riau di gedung BRK. Untuk menindaklanjuti itu, Syamsuar pun blusukan ke daerah.

 

Jumat, 31 Maret 2023, bersama rombongan Firkopimda, orang nomor satu di Riau itu melancong ke Rokan Hilir untuk melakukan sosialisasi penggunaan e-money. Hal tersebut disampaikan Gubri Syamsuar saat melakukan launching kartu e-money guru dan pelajar, serta Digitalisasi Learning Management System (LMS) di SMA Negeri 1 Bangko, Bagansiapiapi, Rohil.

 


"Ini merupakan kabupaten/kota kedua setelah Pekanbaru, dan kita harapkan seluruh sekolah nantinya dapat menggunakan e-money. Jadi, saya harapkan kepada seluruh kepala sekolah yang ada di Rohil untuk bisa mengambil peran dalam program ini," jelasnya.

 

Penerapan e-money dan LMS, lanjut Syamsuar, sebagai bentuk bahwa guru dan murid melek digital. Sekaligus bisa menjadi pembelajaran siswa untuk memiliki akun bank dan membuka rekening tabungan.

 

 

"Selain menabung, bisa menjadi edukasi bagi anak-anak agar mereka melek terhadap digitalisasi, bukan hanya terhadap handphone saja, namun juga e-money untuk belanja di sekolah," ucapnya.

 

Dengan begitu, para orangtua pun dapat memantau keamanan belanja anak-anak setiap hari. "LMS mampu memonitor pembelajaran anak dan absen pada anak anak tersebut," tutupnya.