Mahasiswa KKN Unri Manfaatkan Limbah Kulit Ubi Jadi Pupuk Kompos

KKN-Unri.jpg
(dok pribadi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Mahasiswa dari Universitas Riau (Unri) melakukan Kuliah Kerja Nyata Di Perumahan Fajar Kualu Damai, Desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Jumat, 19 Agustus 2022.

 

Adapun kreativitas mereka yakni memanfaatkan limbah kulit Ubi menjadi pupuk kompos. 

 

"Kami memanfaatkan limbah kulit ubi yang terbuang secara percuma menjadi lebih bermanfaat," ujar Ketua Kelompok, Elsa Silvia, Jumat, 19 Agustus 2022.

 

 

Tidak hanya itu, Elsa juga menjelaskan bahan-bahan untuk membuat pupuk kompos dari limbah kulit ubi pun juga mudah dijumpai seperti cairan EM4, gula pasir dan limbah batang pisang. 


 

"Cara pembuatan pupuk kompos cukup mudah, yakni limbah kulit ubi dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam wadah, selanjutnya diberikan larutan EM4 dan gula pasir yang telah dicampurkan sebelumnya," terang wanita asal Payakumbuh ini. 

 

Selanjutnya, setelah dicampurkan limbah kulit ubi dengan larutan EM4, kemudian ditambahkan potongan limbah batang pisang dan ditambahkan lagi larutan EM4 tersebut. 

 

"Proses ini dilakukan berulang-ulang. Setelah semua proses selesai wadah pengomposan ditutup dengan rapat, dan diamkan selama 3 minggu."

 

"Pembuatan pupuk kompos tersebut berguna untuk menggantikan pupuk kimia. Karena penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dapat merusak lingkungan," pungkasnya. 

 

Mahasiswa KKN terintegrasi Unri 2022 berharap limbah yang dihasilkan oleh pabrik tepung gaplek tidak mengganggu masyarakat sehingga lebih bermanfaat untuk tanaman di sekitar perumahan warga.