Apel Siaga Karhutla, Kapolda Riau: Mari Kita Pertahankan Keberhasilan Kita

Irjen-Mohammad-Iqbal24.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, mengajak semua pihak agar bekerjasama mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau. 

 

 

 

Hal tersebut disampaikan Jenderal bintang dua usai memimpin Apel Siaga Karhutla bersama Gubernur Riau, Syamsuar, Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung, dan Kabinda Riau Brigjen TNI Amino Setyo Budi.

 

 

 

Sebanyak 6.800 personel gabungan dari instansi TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan lain-lain disiagakan dalam menghadapi ancaman Karhutla ini.

 

 

 


 

"Mari kita pertahankan keberhasilan kita mencegah Karhutla seperti tahun lalu. Jika semua peduli dan bekerjasama, Karhutla pasti bisa kita tangani. Kita ingin langit Riau tetap biru," ujar Kapolda Riau, Jumat,  1 April 2022.

 

 

 

Kemudian disebutkannya, pihaknya juga akan memaksimalkan aplikasi Dashboard Lancang Kuning (DLK). Aplikasi besutan Polda Riau yang sudah menasional dan diadopsi oleh jajaran Polda lain di Indonesia ini, dinilai mampu efektif membantu penanggulangan dan penanganan Karhutla secara dini.

 

 

 

Seperti mendeteksi titik api lebih cepat, memetakan daerah rawan, mengintegrasikan pola komunikasi untuk mobilisasi personel ke titik api untuk pemadaman, dan sebagainya.

 

 

 

"Ribuan personel di jajaran juga sudah siap siaga jika sewaktu-waktu harus diturunkan ke lokasi untuk melakukan langkah mitigasi," terangnya. 

 

 

Mantan Kadiv Humas Polri ini juga akan menindak secara tegas pelaku pembakar hutan dan lahan. Baik itu perorangan, kelompok, maupun korporasi atau perusahaan.

"Penegakan hukum akan kita lakukan secara tegas. Kita proses sesuai aturan yang berlaku," pungkasnya.