Melayu Riau: Ketahui 6 Corak Teater Bangsawan

teater-bangsawan.jpg
(viamykampus)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU- Kesenian Melayu yang dipercaya wujud dari proses metafisika adalah kesenian seperti tari zapin api di Rupat Utara, rentak bulian di Talang Mamak, tari olang-olang di Sakai, pertunjukan debus dan lain sebagainya.

Kesenian ini dipercaya sebagai estetika yang diciptakan dari sesuatu yang mistik. Gerak dan tingkah laku penari diyakini sebagai pengaruh dari kekuatan gaib.  Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Indonesia, Melayu Riau : ketahui 6 corak teater bangsawan, simak ulasannya berikut ini.

Filosofi kesenian Melayu Riau

Kesenian Melayu mengutamakan nilai kemelayuan, sehingga seni tidak dapat membebaskan diri dari nilai jati orang Melayu. Hakikat kesenian yang fokus pada apresiasi tentang keagungan pencipta.

Tari olang-olang misalnya, orang Sakai mengapresiasi burung elang sebagai burung yang memiliki kemampuan terbang tinggi melebihi burung lainnya. Dengan kemampuan itu, burung elang dapat dijadikan sebagai perantara antara manusia dengan pencipta alam semesta.

 

 

Elang hanyalah sebagai media atau alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada sang pencipta. Puja dan puji atas keagungan Allah SWT juga tampak dalam pantang dan larang berkesenian, yang maksudnya sebagai adab kesenian.

Dalam menari zapin misalnya, harus mengikuti aturan kepatutan yang sifatnya mutlak. Seorang penari perempuan tidak boleh membuka kaki terlalu lebar, tidak boleh mengangkat kaki terlalu tinggi dan tidak boleh mengangkat tangan terlalu lebar. Hal itu dikarenakan akan memperlihatkan lekuk tubuh penari yang sesungguhnya.


Cerita yang dibawakan pada teater Melayu Riau yaitu dengan gerak dan ekspresi pelakon. Teater juga bisa diartikan cerita yang disampaikan dengan irama bahasa tertentu, diperagakan dengan tari dan diiringi dengan musik tradisional baik musik tabuh gesek maupun ditiup.

Dalam masyarakat Melayu Bengkalis ada beberapa teater yang cukup dikenal yakni teater Bangsawan. Sandiwara atau teater bangsawan merupakan salah satu seni pertunjukan yang berkembang di tanah Melayu, baik Melayu kepulauan maupun Melayu daratan.

Nama bangsawan itu sendiri dipakai kemungkinan disebabkan hampir semua ceritanya mengenai raja-raja dan pembesar kerajaan. Di Bengkalis teater bangsawan ini sangat terkenal dan sering dipentaskan di panggung-panggung pada hari-hari besar.

 

 

 

 

Berikut 6 corak teater bangsawan, di antaranya :

  • Teater bangsawan sebagai corak teater tradisional mempunyai beberapa ciri khas, antara lain:
  • Cerita-cerita lakonan lebih keras mempersembahkan cerita-cerita yang berkenaan dengan suatu peristiwa yang berkepanjangan dan merupakan struktur dari beberapa kejadian atau episode. Pilihan cerita umumnya cerita dari golongan raja-raja dan golongan bangsawan.
  • Indonesia, Melayu Riau : ketahui 6 corak teater bangsawan selanjutnya adalah berisi pengajaran yang dimasukkan sebagai tauladan untuk penonton.
  • Sesuatu lakonan lengkap ditoko tambah dengan unsur-unsur lucu dan melodrama. Selain dari unsur kebenaran sebagai pokok cerita yang sudah tentu berada serius.
  • Pemilihan jalan cerita bagi tiap-tiap lakon serupa atau aliran.
  • Watak para tokoh bersifat stock-stype dan peran mereka didasarkan pada pola hampir sama.

Sekian informasi mengenai Indonesia, Melayu Riau : ketahui 6 corak teater bangsawan. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.