Soal Penghapusan Pertalite, Ini Saran Parisman Ihwan Untuk Pemerintah

Parisman-Ihwan5.jpg
(Humas DPRD Riau)

Laporan: Bagus Pribadi

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi IV DPRD Riau, Parisman Ihwan, menyoroti isu akan dihapuskannya BBM berjenis Pertalite. Menurutnya, pemerintah baiknya memikirkan transportasi secara umum.

"Kalau mikirnya luas itu pasti berpikir ke kalangan menengah ke bawah. Jika Pertalite dihapuskan, pikirkan juga dampaknya secara luas," terangnya, Kamis, 30 Desember 2021.


Namun ia menjelaskan secara teknis Pertalite bisa saja dikurangi, tapi tidak dihapus sepenuhnya. Ia mengusulkan Pertalite dipergunakan untuk kendaraan roda dua.

"Bikin aja di setiap SPBU jalur roda dua untuk Pertalite. Kalo roda empat ya Pertamax saja. Kuota untuk Pertalite di setiap daerah dikurangi juga," jelas Parisman.

Sejauh ini, menurut pandangan Politikus Partai Golkar itu, BBM yang bersubsidi banyak dinikmati oleh kelas menengah atas. Sebab itu, ia meminta regulasi dari pemerintah mengenai BBM.

"Karena selama ini saya lihat banyak mobil mewah isi full BBM bersubsidi, padahal itu sasarannya untuk kalangan menengah ke bawah," tutupnya.