Dampak Positif Maupun Negatif Perkembangan e-Commerce

e-commerce.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Perkembangan teknologi informasi telah melahirkan internet yang merupakan bahasa jaringan komputer dunia. Semua berbicara dengan bahasa yang sama salah satu hasil dari perkembangan pemakaian internet yang sangat pesat ini adalah model perdagangan elektronik yang disebut dengan e-commerce.

Kreativitas dunia teknologi informasi telah memberikan peluang usaha sehingga keterpurukan dunia industri yang memberikan dampak pengurangan tenaga kerja dan memberikan dampak perekonomian rakyat mau tidak mau sarana internet banyak digunakan untuk berusaha.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai E-commerce, Dampak positif maupun negatif perkembangan e-commerce, simak ulasannya berikut ini.

Istilah bisnis online sering kita dengar akhir-akhir ini, bisnis ini merupakan salah satu industri dengan potensi bisnis yang sangat potensial.

 

Seiring dengan perkembangan zaman yang mana pada saat ini tren dengan belanja online yang sedang marak diterapkan oleh masyarakat seluruh dunia termasuk Indonesia.

Hal itu merupakan alasan banyak perusahaan yang awalnya menerapkan bisnis secara offline lalu berpindah dan merambah ke bisnis online.

Para pelaku usaha yang menekuni bisnis online ini adalah rata rata generasi muda bangsa yang tanpa kita sadari mempengaruhi budaya Negara Indonesia.

Pengaruh yang ditimbulkan bisnis online terhadap generasi muda indonesia adalah :  

Dampak Positif


 

Pengaruh Positif terhadap generasi muda bangsa Indonesia adalah:

  1. Karena pasar bisnis online tidak hanya dalam negeri tetapi hingga ke seluruh penjuru dunia dan persaingan bisnisnya semakin ketat, hal itu akan membuat generasi muda menjadi lebih kreatif dan inovatif.
  2. Bisnis online dapat memberi motivasi untuk para pebisnis muda ikut bersaing di dunia bisnis dengan modalnya yang sedikit dan caranya yang mudah, generasi Indonesia tertarik untuk memulai berbisnis online.

 

Dampak Negatif

Bisnis online tidak hanya memberikan pengaruh positif tetapi juga memiliki pengaruh negatif, antara lain:  

  1. Bisnis Online membuat masyarakat menjadi sulit untuk bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar,karena bisnis online hanya dapat diakses melewati gadget.
  2. Bisnis online dapat membuat masyarakat Indonesia menjadi konsumtif, bisnis online menawarkan kemudahan dalam prosesnya tetapi itu justru membuat masyarakat menjadi konsumtif
  3. Bisnis online membuat konsumen menjadi malas, dengan kelebihan bisnis online rata rata pembeli menginginkan proses pembelian yang relatif mudah cepat dan aman, sehingga semakin lama pembeli menjadi malas untuk bertransaksi secara langsung.
  4. Bisnis online dapat menyebabkan sifat boros, karena barang yang ditawarkan sangat membuat pembeli tertarik dengan semua barang yang dijajahkan,kebanyakan pembeli membeli barang bukan hanya yang dbutuhkan,tetapi juga yang diinginkan oleh pembeli.

 

E-commerce, Dampak positif maupun negatif perkembangan e-commerce

 

Bisnis online didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang atau jasa untuk mendapatkan keuntungan melalui media internet. Dalam arti lain bisnis online adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet dan televisi, www atau jaringan komputer lainnya.

Ika mars dapat melibatkan transfer data elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis yang berkaitan dengan transaksi komersial seperti transfer dana secara elektronik, supply chain management, e-marketing dan lain sebagainya.

Berdasarkan konten yang paling sering dikunjungi, pengguna internet paling sering mengunjungi web online shop sebesar 82,2 juta atau 62%. Konten sosial media yang paling banyak dikunjungi adalah Facebook sebesar 71,6 juta pengguna atau 54% dan urutan kedua adalah Instagram sebesar 19,9 juta pengguna atau 15 persen.

Melihat kondisi tersebut, peluang bisnis online memanfaatkan jaringan internet telah memberikan peluang bagi para programmer bahkan desain program telah menghasilkan satu aplikasi yang mempermudah bagi setiap pengguna jasa internet untuk membuka bidang usaha.

 

Program aplikasi yang disediakan sarana internet saat ini ini yang menjadi tren yaitu bisnis online bersifat jasa di bidang transportasi yaitu Go-jek, Grab, Uber dan model lainnya.

Sekian informasi mengenai E-commerce, Dampak positif maupun negatif perkembangan e-commerce. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.