Kelapa Bakar Rempah Kaya Khasiat, Diyakini Bisa Sembuhkan Penyakit

warung-kelapa-bakar.jpg
(RAHMADI/ RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kelapa muda biasanya disajikan dengan es ataupun susu, namun di Warung Kelapa Bakar Rempah milik Masryani, kelapa muda disajikan dengan cara dibakar dan dicampur menggunakan rempah-rempah.

Warung yang terletak di Jalan Ikhlas Ujung, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru ini, menyajikan minuman kelapa muda dengan cara berbeda.

Masryani selaku penjual, menciptakan sajian kelapa muda dengan cara dibakar terlebih dahulu selama lebih kurang tiga jam. Kemudian kelapa dicampur dengan berbagai macam rempah seperti jahe merah, serai, serta kayu manis.

Mulanya kelapa muda dibakar di atas pemanggang selama lebih kurang tiga jam, hingga kulit kelapa muda berubah menjadi kehitaman. Setelah itu, kelapa bakar tadi dikupas menggunakan pisau.

Usai kelapa bakar dikupas kulitnya, kemudian Masryani menuangkan berbagai macam rempah ke dalam air kelapa bakar tersebut.


“Ada kriteria juga memilih kelapa yang hendak dibakar ini, ukuran kelapa jangan terlalu besar, karena kan lama memanggangnya minimal tiga sampai empat jam. Terus kulit kelapa jangan terlalu tebal biar airnya bisa masak,” tutur Masryani.

Masryani meyakini kelapa bakar rempah buatannya mampu menyembuhkan segala macam penyakit, seperti batuk, demam dan flu, karena kelapa bakar buatannya menggunakan rempah-rempah yang berkhasiat mengurangi demam, batuk hingga pilek.

“Setelah kelapa itu dibakar, kita buka kemudian kita berikan rempah, yang paling utama itu jahe merah, serai, kapulaga, kayu manis, lada semuanya lengkap. Khasiatnya yang jelas itu mengurangi batuk, demam dan pilek, jadi kalau lagi meriang minum ini keringatnya bisa keluar,” sebutnya.

Dirinya mengaku, ide menjual kelapa bakar rempah ini berdasarkan dari pengalaman ketika Masryani sering sakit, kemudian ia sembuh setelah diberi kelapa bakar rempah oleh neneknya.

Usaha yang ditekuni Masryani terbilang cukup menjanjikan di masa pandemi Covid-19, dalam satu hari jumlah pesanan kelapa bakarnya mencapai 400 butir dalam sehari.

“Dalam sehari itu biasanya mencapai 300 sampai 400 butir kelapa bakar dalam sehari, namun sekarang mulai turun di angka 100 butir dalam sehari,” jelasnya.

Untuk harga satu butir kelapa bakar rempah ini cukup terjangkau, cukup membayar Rp 20 ribu sudah bisa menikmati sajian nikmat kelapa bakar rempah kaya khasiat ini.