5 Cara Efektif Agar Semangat Menabung

menabung.jpg
(kompas.com)

RIAUONLINE - Banyak orang kesulitan menabung karena kebutuhan dan keinginan yang tidak terkendali. Hal itu membuat banyak orang tidak tahan menyimpan uang dalam waktu lama.
Ketika anda menyadari bahwa kekurangan anda adalah sulit untuk menabung, coba pikirkan apa yang akan terjadi jika kemudian hari anda tidak memiliki kecukupan finansial. Maka dari itu bentuklah pola pikir bahwa menabung itu sangat penting guna kehidupan jangka panjang.

Dengan menabung anda dapat mengalokasikan beberapa dana di antaranya dana darurat, dana investasi dan dana masa depan.

Terlebih pada masa pandemi yang serba sulit seperti saat ini, sebaiknya anda dapat mengelola keuangan dengan bijak mulai dari sekarang. Riau Online akan memberikan informasi mengenai tips menabung, 5 cara efektif agar semangat menabung, simak ulasannya berikut ini.

1. Bentuk Pola Pikir Menabung

Dalam urusan menabung sebaiknya anda lebih bijak mengatur segala kebutuhan dan keinginan, karena skala prioritas paling utama wajib didahulukan yaitu kebutuhan. Maka cukupi kebutuhan dengan penghasilan yang anda miliki. Selanjutnya ketika anda memiliki pemasukan yang lebih banyak, sebaiknya anda sisihkan untuk ditabung, jangan anda habiskan untuk membeli barang yang sifatnya konsumtif seperti membeli perhiasan, mobil dan lain sebagainya. Bentuklah pola pikir bahwa menabung itu sangat penting untuk memenuhi segala aspek kehidupan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.


2. Buatlah target menabung

Agar kegiatan menabung tetap konsisten dan akhirnya berhasil, anda dapat memulainya dengan mencatatkan rencana tabungan secara rinci. Seberapa banyak target tabungan yang ingin dicapai, dipergunakan untuk apa tabungan tersebut. Sebagai contoh jika saat ini tujuan anda menabung untuk memenuhi dana darurat, maka besar dana yang harus anda keluarkan untuk menabung yaitu 2-3 kali lebih besar dari pengeluaran rutin perbulannya. Dengan asumsi pengeluaran bulanan Rp 4 juta per bulan maka dana darurat yang harus anda keluarkan sebanyak Rp 8-12 juta atau sisihkan 10% dari pendapatan anda tiap bulannya.

3. Menabung sistem otomatis

Tips menabung, 5 cara efektif agar semangat menabung selanjutnya adalah dengan cara menabung sistem otomatis. Ketika anda sudah membentuk pola pikir menabung bahkan membuat target menabung, namun hidup di tengah kecanggihan teknologi dan pola hidup konsumerisme terkadang membuat prinsip anda menjadi goyah. Jadi, agar target menabung tidak gagal, hal yang harus anda lakukan adalah membangun sistem otomatis. Dengan cara mengaktifkan fitur autodebet ke rekening khusus tabungan. Sebagai contoh, ketika anda mendapat gaji pada tanggal 10 setiap bulan, maka fitur autodebet aktif setiap tanggal 11 untuk memindahkan dana yang anda sisihkan ke rekening khusus tabungan atau investasi.

4. Beri penamaan setiap tabungan

Cara efektif selanjutnya adalah dengan memberikan penamaan setiap tabungan. Hal ini dapat membantu anda berpikir ulang ketika akan menggunakan tabungan tersebut. Dengan begitu anda dapat lebih bijak dengan mengingat kembali tujuan anda menabung. Sebagai contoh ketika anda menabung untuk berlibur ke Jepang tahun depan, otomatis anda akan mengurungkan niat, kemudian berpikir ulang dan tidak mudah tergoda untuk mengambil dana tersebut.

5. Jadikan aset berwujud sebagai investasi

Ketika aktifitas menabung sudah terealisasikan, kendala selanjutnya adalah konsisten untuk menabung secara berkelanjutan dan yang pasti tidak anda gunakan untuk konsumsi. Bagaimana caranya? Coba biasakan mengubah langsung uang yang telah anda sisihkan ke dalam bentuk aset berwujud. Seperti emas, sebidang tanah atau benda yang bersifat investasi lainnya. Di era teknologi yang serba canggih seperti saat ini anda tidak perlu susah payah untuk mencari informasi mengenai jual beli benda yang sifatnya investasi seperti emas. Manfaatkan tabungan emas digital dan lain sebagainya.

Sekian informasi mengenai tips menabung, 5 cara efektif agar semangat menabung. Semoga informasi yang telah Riau Online rangkum bermanfaat khusunya bagi anda yang masih ragu untuk mulai menabung, semangat ya!

(LINDA MANDASARI)