Start Duluan, PKB Siapkan Pencalegan Sejak 2022

dani-nursalamm.jpg
(SIGIT/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ketua Harian Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Dani Nursallam menyebut PKB tengah menyiapkan Formulasi untuk persiapan calon legislatif (caleg) 2024 mendatang.

Ia menyebut, saat ini DPW tengah menunggu arahan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk pelaksanaan tersebut.

"Kita di PKB memang ada agenda, program pencalegan dini. Jadi kita masih konsolidasi dulu untuk memperlajari aturan dari DPP," jelas Dani, Minggu, 19 September 2021.

Ia menyebut, jika tak ada aral melintang, tahun 2022 PKB sudah mulai melakukan pencalegan dini. Artinya, para calon memiliki dua tahun Persiapan menuju 2024.


Terkait dengan Pileg yang akan dilangsungkan di tahun yang sama dengan Pilkada, Dani menyebut masih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) apakah bisa diperbolehkan mencalon sebagai caleg maupun kepala daerah.

"Tidak sampai ke sana, itu nanti tergantung PKPU-nya, tapi kita tetap fokusnya di caleg. Tidak menyangkut persoalan Pilkada," ujarnya.

Namun ia menjelaskan, jika memang pada pencalegan dini ada kader yang ternyata lebih cocok menjadi kepala daerah dan pemilihan dilakukan bersamaan maka akan diatur lagi.

"Kalau pilkada bersamaan dengan Pileg nanti barU kita atur teknisnya kemudian," ungkapnya.

Diketahui sebelumnya KPU merencanakan menggelar Pileg pada bulan Februari sementara Pilkada direncanakan akan digelar di bulan Oktober 2024.