Kenali Gejala Covid-19 Varian Delta, Berikut Cara Pencegahannya

Varian-Delta3.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE - Benarkah virus covid-19 varian delta lebih berbahaya dan menular? Perlu diketahui bahwa virus yang diberi kode B.1617.2 ini sudah menyebar di Indonesia dan disebut-sebut menjadi penyebab melonjaknya kasus covid-19 baru-baru ini.

Dugaan tersebut sejalan dengan pernyataan yang dibeberkan oleh Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Ia mengatakan bahwa virus covid-19 varian delta yang pertama kali ditemukan di India ini sudah memasuki wilayah Asia seperti Malaysia hingga Australia.

Untuk mengetahui seberapa berbahayanya virus covid-19 varian delta ini, kita perlu tahu karakteristiknya. Berikut karakteristik virus covid-19 varian delta dan alasan mengapa virus covid-19 varian delta lebih berbahaya dan menular.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap virus yang masuk ke dalam tubuh kita pasti akan menimbulkan gejala-gejala yang beraneka ragam, begitu juga dengan varian delta. Berikut adalah gejala Covid-19 varian delta baik secara umum dan kronis yang perlu anda ketahui:

Umum

Demam
Batuk kering
Kelelahan
Kehilangan rasa atau bau
Hidung tersumbat
Konjungtivitis (mata merah)
Sakit tenggorokan
Sakit kepala
Nyeri otot atau sendi
Ruam kulit
Mual atau muntah
Diare
Menggigil atau pusing
Sesak napas
Kehilangan selera makan
Kebingungan
Nyeri atau tekanan terus-menerus di dada
Suhu di atas 38 derajat celcius.

Kronis

Sakit perut
Hilangnya selera makan
Mual
Muntah
Gangguan pendengaran
Sakit sendi
Sakit kepala
Sakit tenggorokan
Nyeri sendi
Pilek demam


Cara Antisipasi Covid-19

Gejala-gejala yang muncul dari virus Covid ini memang memiliki kemiripan ciri-ciri dengan gejala flu. Namun yang perlu digaris bawahi bahwa virus ini tidak hanya menyerang imunitas tubuh anda melainkan juga dapat menjadi pemicu munculnya komorbid yang anda miliki.

Oleh karena itu, di masa seperti saat ini sangat disarankan bagi anda untuk melakukan beberapa langkah antisipasi seperti yang dijelaskan di bawah ini, agar menjaga diri anda dan sekitar. Berikut cara antisipasi virus covid-19.

Ventilasi dan pencahayaan yang baik
Gunakan alat tersendiri (makan/minum/mandi)
Kamar mandi terpisah, tetapi jika tidak tersedia lakukan desinfeksi rutin permukaan yang sering disentuh
Kamar tidur terpisah
Hindari kontak dengan orang lain serta tidak bepergian dan tidak menerima tamu
Jaga jarak
Gunakan masker dengan benar
Disinfektan/bersihkan permukaan dengan disinfektan berkala
Tangan sampah dengan hati-hati
Cuci tangan dengan sabun
Pemantauan harian gejala
Jika muncul gejala atau semakin parah lapor petugas
Berkoordinasi dengan Puskesmas
Orang yang merawat perhatikan protokol kesehatan 3M

Vaksinasi Covid-19

Adapun cara antisipasi yang lebih disarankan oleh WHO, yakni melakukan vaksinasi. Untuk melakukannya anda cukup mengikuti beberapa program-program vaksin covid-19 yang sudah disiapkan oleh pemerintah maupun swasta.

Apa yang Membuat Varian Delta Lebih Berbahaya?

Menurut beberapa penelitian virus covid-19 varian delta ini memiliki karakteristik yang lebih tanggap dan cepat dibandingkan dengan varian lainnya. Hal ini terbukti dengan adanya catatan ilmuwan di China yang menemukan covid-19 varian delta memiliki viral load hingga 1.260 kali lebih tinggi.

Angka itu berarti, mutasi virus covid-19 varian delta dapat membuat lebih banyak salinan dirinya di dalam tubuh orang yang terjangkit pada level yang lebih cepat.

Sementara itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan, galur virus corona varian Delta ini 50 persen lebih menular dibandingkan versi virus corona awal yang pertama kali menginfeksi orang di akhir tahun 2019.

Dilansir dari CNN, Jumat (23/7/2021), penyebaran varian Delta sekitar 55 persen lebih cepat dibandingkan galur virus corona varian Alpha, yang pertama kali teridentifikasi di Kent, Inggris pada akhir tahun 2020.

Menurut CDC, saat ini, Covid-19 varian Delta yang lebih menular ini telah mencakup 83 persen kasus Covid-19 di Amerika Serikat.

Atas beberapa temuan di berbagai negara inilah, para pakar kesehatan di seluruh dunia sepakat bahwa faktor kunci dari lonjakan gelombang Covid-19 saat ini adalah varian Delta yang sangat menular.

Demikian penjelasan tentang benarkah virus covid-19 varian delta lebih berbahaya dan menular. Karakteristik virus corona varian delta yang berbeda dari sebelumnya menjadikan orang yang terjangkit sangat beresiko dan rawan menularkan ke orang lain.

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com