RSUD Perawang Punya Alat PCR, Warga Bengkalis dan Meranti Boleh Gunakan

Alfedri21.jpg
(Sahril Ramadana/Riau online)

Laporan: SAHRIL RAMADANA

RIAU ONLIEN, SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak akhirnya menambah satu fasilitas khusus untuk mendiagnosis Covid-19, yakni alat Polymerase Chain Reaction (PCR). Alat PCR itu sudah ada di RSUD Tipe D Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

"Lab ini boleh digunakan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti dan Bengkalis. Jadi, tidak hanya untuk masyarakat Tualang dan secara umum Siak saja. Warga di dua daerah tadi juga boleh gunakan fasilitas tersebut," kata Bupati Siak, Alfedri, Senin (5/6/2021).


Ia mengatakan laboratorium Biomolekuler itu pada Jumat (2/7) pekan lalu sudah bisa digunakan. Dengan bertambahnya alat mendiagnosis Covid-19 tersebut, Ketua PAN Riau ini berharap bisa menambah kapasitas dan kecepatan testing, sehingga mempengaruhi peningkatan tracing dan tracking dalam memutus mata rantai penularan wabah dari Cina tersebut.

"Tentu, dengan adanya penambahan alat ini, bisa memutus mata rantai penyebaran virus Corona," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, dr Tonny Chandra menambahkan, fungsi alat PCR tersebut untuk mempercepat hasil pemeriksaan sampel pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

"Alat ini juga berfungsi mempersingkat waktu perawatan pasien positif Covid-19 serta mengefisienkan penggunaan sumber daya rumah sakit," ujarnya.