Penyelundupan Handphone Ke Dalam Rutan Pekanbaru Digagalkan, Begini Modusnya!

handphone-sialang.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Berbagai cara dan upaya untuk memasukkan benda terlarang ke dalam Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I A Sialang Bungkuk Pekanbaru, Selasa, 22 Juni 2021.

Kali ini, petugas Rutan menggagalkan upaya pengiriman handphone dan satu buah gunting kuku yang dimasukkan ke dalam makanan.

Kepala Rutan Kelas I A Pekanbaru, M Lukman menceritakan awal mula terungkapnya penyelundupan tersebut.

"Pada setiap hari Selasa dan Jumat Rutan Sialang Bungkuk membuka pelayanan penerimaan paket sebagai bentuk pengganti kunjungan karena masih pandemi Covid-19," ucap Lukman kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 22 Juni 2021.


Saat itu dua petugas Rutan, Christian Laoly dan M. Ilham menggeledah setiap barang yang memasuki Rutan melalui X-Ray. Saat pemeriksaan ditemukan benda mencurigakan terhadap satu paket makanan.

"Saat diperiksa petugas ternyata benar, dalam makanan tersebut ditemukan satu unit handphone dan satu buah gunting kuku di dalamnya," terang Lukman.

M. Lukman memberikan apresiasi atas kejelian petugas dalam memeriksa setiap barang yang keluar dan masuk Rutan dan berjanji akan memperketat kewaspadaan penjagaan.

"Kami akan terus meningkatkan kewaspadaan dalam hal deteksi dini. Kejadian ini sudah sering terjadi, berbagai cara dan modus dilakukan untuk dapat memasukkan barang-barang yang dilarang ke Rutan Pekanbaru," pungkasnya.