Kebakaran Lahan di Kota Pekanbaru Mencapai 5 Hektar

Pemadaman-Karhutla-di-Kuala-Kampar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE PEKANBARU - Jelang akhir Februari 2021 ini, luas lahan yang terbakar di Kota Pekanbaru hampir mencapai lima hektar. Lahan terbakar di tujuh titik menyebar di sejumlah kecamatan.

Posisinya di Rumbai, Payung Sekaki, Marpoyan Damai, Bukit Raya dan Bina Widya. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, luas lahan terbakar mencapai 4,6 hektar.

Kebakaran lahan paling banyak terjadi pada bulan Januari 2021. Ada empat hektar lahan terbakar pada Januari lalu. Sedangkan bulan Februari 2021 ada tiga hektar lahan berbakar.


"Jadi ada hampir lima hektar lahan yang terbakar sampai hari ini," terang Kepala BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, Kamis 25 Februari 2021.

Zarman mengatakan, ada 30 personel yang siaga mencegah kekabaran lahan. Mereka siaga setiap hari untuk melakukan pemadaman di lokasi kebakaran lahan.

Pihaknya saat ini terus berkoordinasi dengan Forkopimda beserta aparatur wilayah untuk mencegah kebakaran lahan. Mereka juga rutin melakukan imbauan dan sosialisasi tentang bahaya kebalaran lahan.

"Kita juga kordinasi dengan lintas sektor, agar bisa mengoptimalkan upaya pencegahan Covid-19," imbuhnya.