Warga Serahkan Uwo Ungko Peliharaan ke BBKSDA, Kondisi Sehat dan Jinak

Ungko.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menerima dua ekor satwa ungko dari masyarakat di kawasan Suaka Margasatwa Rimbang Baling, saat ini, primata dilindungi tersebut berada di kandang konservasi untuk proses rehabilitasi, Selasa, 13 Oktober 2020.

 

Penyerahan dua ekor Ungko berjenis kelamin jantan dan betina ini bermula dari himbauan BBKSDA Riau kepada warga untuk menyerahkan satwa yang dilindungi jika ada dipelihara.

 

 

 


"Kondisi Ungko saat diserahkan ke BKSDA dalam kondisi sehat dan sudah jinak, dengan usia sekitar tujuh tahun" kata Dokter hewan BBSKDA Riau, Rini Deswita.

 

Saat ini, kedua ekor Ungko tersebut perlu menjalani proses rehabilitasi sebelum proses pelepasliaran.

 

"Kalau mau dilepasliarkan Ungko ini harus direhabilitasi dulu karena hewan ini sudah dirawat sejak kecil jadi harus beradaptasi dulu dengan alam," ucap Rini Deswita.

 

Satwa Ungko ini merupakan satwa liar yang dilindungi dengan populasi di seluruh hutan tropis yang ada di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

 

 

Pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menyerahkan jika memelihara satwa liar yang dilindungi demi menjaga kelestarian alam.