Mahasiswa UNRI Turut Berkompetisi di Piala Menpora Esports 2020 AXIS

zainudin-amali.jpg
(istimewa)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tim Esports mobil legend bangbang turut berlaga di Piala Menpora Esports 2020 AXIS. Hal ini diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana Giring Ganesha dalam Konferensi Pers melalui aplikasi zoom usia seremoni kick off, Selasa (17/8/2020) sore.

Menurutnya animo peserta yang mengikuti Piala Menpora Esports 2020 ini cukup tinggi. Bahkan jumlah peserta mencapai 2.084 tim dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Kota Pekanbaru yang diikuti oleh mahasiswa Universitas Riau.

Menurut mantan vokalis Band Nidji tersebut, sejak pendaftaran dibuka pada 1 Agustus lalu, dalam waktu kurang lebih sepekan, target kuota peserta yaitu 2.048 tim telah tercapai. Setiap tim terdiri dari 5 atlet, sehingga ada lebih dari 10 ribu atlet berkompetisi dalam turnamen ini. Banyak peserta berasal dari sejumlah perguruan tinggi dan sekolah ternama dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

"Beberapa di antaranya berasal dari Universitas Padjajaran (Unpad) Jawa Barat, Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Universitas Riau (UNRI) Pekanbaru, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Jawa Timur, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Politeknik Negeri Lhowseumawe – Nanggroe Aceh Darusallam, Universitas Halu Oleo – Sulawesi Tenggara, Universitas Udayana – Bali, Universitas Sriwijaya – Sumatera Selatan, hingga Universitas Nusa Nipa Maumere – NTT," paparnya.

Sementara itu, Menpora RI Zainudin Amali yang turut hadir secara daring dalam konferensi pers tersebut mengatakan turnamen ini memang digagas Kemenpora RI. Apalagi aktivitas olahraga fisik banyak terhenti karena Covid-19.

“Sejak awal, Kemenpora berkomitmen untuk mendukung esports agar berkembang dan membawa prestasi bagi Indonesia. Ketika terjadi pandemi saya melihat bahwa esports ini justru makin populer. Maka dari itu saya menggagas agar ada sebuah kompetisi esports yang tujuannya menjaring bibit-bibit muda berbakat,” ujar Menpora Zainudin Amali.

Menpora menambahkan pemerintah menyadari bahwa esports sangat populer di kalangan anak muda. Oleh karena itu salah satu pengembangan esports yang penting saat ini adalah menghadirkan wadah-wadah kompetisi yang terstruktur dan berjenjang. Terlebih saat ini institusi pendidikan mulai dari SMP, SMA, hingga universitas sederajat semakin terbuka dan terlibat dalam mengembangkan esports secara positif.

“Kami gembira animo terhadap Piala Menpora Esports 2020 AXIS ini sangat positif. Ada lebih dari 10 ribu atlet muda yang bertanding demi mengharumkan nama sekolah dan kampusnya masing-masing. Inilah yang perlu menjadi perhatian kita bersama agar kedepan upaya-upaya dan kerjasama untuk memajukan esports ini bisa terus dilakukan secara simultan, sehingga membawa prestasi bagi Indonesia nantinya,” terangnya.