Iwara RAPP dan APR serta Paguyuban Salurkan 1.027 Paket Sembako ke Warga

Warga-Terdampak-Covid-19-Terima-Bantuan-RAPP.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bahan kebutuhan pokok berupa beras, minyak goreng dan mie instan kembali disalurkan oleh Ikatan Wanita Riau Andalan (Iwara) RAPP dan PT APR serta Paguyuban kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Pangkalan Kerinci, Pelalawan.  

Sejak pagi, Rabu (10/6/2020), anggota paguyuban dan Iwara sudah mengepak paket bantuan untuk dibagikan kepada masyarakat.

Mereka bahu-membahu mengangkut paket ke mobil masing-masing. Selanjutnya tim bergerak dan menyebar ke berbagai tempat di Pangkalan Kerinci. Bantuan langsung disalurkan kepada masyarakat tanpa melalui perantara.

Maslina (53), warga penerima bantuan Semabko mengaku selama mewabahnya COVID-19 ini, suaminya harus kehilangan pekerjaan dan terpaksa bekerja serabutan di Pekanbaru.

Ibu tiga anak ini merasa terbantu ketika mendapatkan bantuan dari paguyuban dan organisasi kemasyarakatan di Riau Kompleks RAPP.

“Suami saya terpaksa merantau ke Pekanbaru untuk mencari kerja. Bantuan dari RAPP ini sangat membantu kebutuhan pokok kami untuk makan,” tuturnya dengan mata yang berkaca-kaca.

Tak hanya Maslina, Rosmawati (63), warga jalan lingkar Pangkalan Kerinci juga merasakan hal sama. Pendapatannya dari mengumpulkan barang bekas dari rumah ke rumah berkurang.

“Kami bersyukur adanya bantuan dari RAPP sehingga untuk makan beberapa minggu ke depan, kami tidak terlalu pusing memikirkannnya lagi,” ujarnya.

Community Religious Affairs RAPP, Ishak mengatakan, bantuan ini merupakan tahap ke empat yang disalurkan kepada masyarakat. Bantuan ini merupakan swadaya karyawan dan keluarganya sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat sekitar daerah operasional yang terdampak ekonomi selama masa pandemi ini.

“Untuk tahap pertama dan kedua, kita membagikan 250 paket, tahap ketiga sebanyak 249 paket, dan tahap ke empat ini sebanyak 278 paket, jadi total yang telah disalurkan sebanyak 1.027 paket. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban yang dialami saudara-saudara kita selama ini,” terang Ishak.

Saat ini ada 11 paguyuban di lingkungan Riau Kompleks, di antaranya PERMASA (Persatuan Masyarakat Aceh), Himpunan Keluarga Muslim Asal Tapanuli (HIKMAT), Ikatan Keluarga Batak Toba (IKABA), Mergasilima, Ikatan Keluarga Melayu Riau (IKMR), Ikatan Keluarga Minang Riau Kompleks (IKM-RK), Ikatan Keluarga Nias (IKN), Ikatan Keluarga Asal Sumatera Selatan (IKASS), Pandan Wangi (Asal Pasundan, Jawa Barat), Paguyuban Tunggal Warga (PUNGGAWA), dan Ikatan Keluarga Tiong Hoa (IKT), serta organisasi yang beranggotakan karyawan perempuan dan istri karyawan RAPP (IWARA).