Tim Relawan Kukerta Unri Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19

relawan.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Indonesia kini tengah dilanda pandemi Covid-19 yang begitu meresahkan.

COVID-19 adalah penyakit jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia. Virus penyebab COVID-19 ini dinamakan Sars-CoV-2. Akibat dari COVID-19 ini, masyarakat terpaksa untuk melakukan segala kegiatan dari rumah, mulai dari bekerja, sekolah hingga kuliah sekalipun.

Di tengah maraknya penyebaran virus tersebut, Universitas Riau memfasilitasi mahasiswa yang ingin ikut berpartisipasi mengambil peran dalam pencegahan pandemi COVID-19 ini dengan mengikuti program kukerta kerelawanan COVID-19 yang dinaungi oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Riau dan Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau tahun 2020 (KUKERTA UNRI Tahun 2020).

Salah satu tim yang mengikuti program relawan ini adalah SHOLEHAH. SHOLEHAH adalah tim relawan yang terdiri dari Alsadila Nurshafiera, Ayesha Belitania Gammayanti dan Herlin Widya Ayuning yang merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

Adapun kegiatan yang sudah dijalankan diantaranya memberikan edukasi tentang COVID-19 kepada mahasiswa non kesehatan melalui grup virtual community, membuat blog yang berisikan informasi – informasi COVID-19, dan membuat poster yang telah dipublikasikan melalu media social.

Dalam menjalankan program kerelawanan, salah seorang dosen Fakultas Kedokteran Universitas Riau dr. Suyanto, MpH, PhD, ikut serta menjadi instruktur kelompok SHALEHAH dan seorang dosen pembimbing lapangan (DPL) dari LPPM UNRI Ns. Agrina,M.Kep.,Sp.Kom.,Ph.D juga ikut ambil andil dalam terlaksanannya program ini.

Beberapa kegiatan sukarelawan lainnya yang sudah dilakukan antara lain adalah melakukan publikasi video edukasi terkait COVID-19, dan membuat buku pedoman mengenai virus tersebut. Kedua kegiatan tersebut saat ini sedang dalam proses pembuatan dan juga bimbingan oleh kedua pembimbing.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan program relawan ini, masyarakat akan lebih paham mengenai COVID-19. Di sini kami telah menyebarkan poster yang diantaranya berisi tentang protocol isolasi mandiri, jenis – jenis masker yang dapat digunakan sesuai kebutuhan dan informasi akurat lainnya terkait virus tersebut. Selain itu kami juga sudah melakukan sesi diskusi pada virtual community yang tujuannya memberikan pemahaman lebih dalam mengenai wabah yang terjadi saat ini,” ucap salah satu anggota tim, Ayesha, Selasa, 12 Mei 2020.

Beberapa kegiatan sukarelawan lainnya yang akan dilakukan antara lain melakukan publikasi video edukasi terkait COVID-19, dan membuat buku pedoman mengenai virus tersebut. Kedua kegiatan tersebut saat ini sedang dalam proses pembuatan dan juga bimbingan oleh kedua pembimbing.

Selain melakukan kegiatan relawan melalui online, SHOLEHAH juga melakukan kegiatan lainnya seperti menjaga posko relawan COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Riau.

Di sana, tim menerima donasi berupa alat pelindung diri yang akan diberikan kepada tenaga medis yang membutuhkan, serta menyalurkan bantuan lain seperti vitamin – vitamin untuk kesehatan. Kemudian, SHOLEHAH juga ikut serta membantu dalam proses pendataan pasien COVID-19 di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. (Rls)