Milad di Tengah Pandemi, PKS Launching Program Penyelamatan Pangan Untuk Rakyat

launcing-pks.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merayakan Milad ke 22 di Markaz Dakwah DPW PKS, Kamis, 23 April 2020. Dalam hal ini, PKS juga melaunching program ketahanan pangan sebagai upaya untuk mengantisipasi krisis pangan Riau di tengah wabah Covid-19.

Ketua umum DPW PKS Riau Hendry Munief mengungkapkan bahwa PKS Riau memiliki 3 tahapan program dalam penanggulangan dampak Covid-19. Yakni, edukasi atau penyadaran, Charity atau pelayanan, dan advokasi serta pemberdayaan.

Tahap edukasi atau penyadaran ini, kader PKS sudah dan akan terus memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya Pandemi Covid-19 dan cara mengatasinya. Contohnya seperti Physical Distancing/Social Distancing dan mensosialisasikan ke masyarakat agar senantiasa memakai masker.

"PKS sudah berbagi masker dan Hand Sanitizer ke masyarakat, serta dibentuknya tim Satgas (Satuan Tugas) Covid-19 DPW PKS Riau. PKS Riau juga memberikan bantuan APD ke IDI Provinsi Riau beberapa waktu yang lalu. Ini salah satu wujud edukasi dan penyadaran," kata alumni Universitas Padjajaran ini, Jumat, 24 April 2020.

Untuk tahap kedua yakni Charity/Pelayanan, pelayanan ditujukan untuk masyarakat yang terdampak secara ekonomi dari Social Distancing ataupun PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang mulai diberlakukan oleh pemerintah.

"Contoh program yang sudah dilakukan PKS adalan donasi 10.000 paket sembako, yang melibatkan tim Satgas DPD PKS se-Riau dan komunitas-komunitas PKS se-Provinsi Riau. Dijelaskannya, tindak lanjut program ini yaitu launching ‘Program Kader PKS Peduli 40 Tetangga (P40Tang) Dampak Covid-19’ bersamaan dengan ‘Program Ketahanan Pangan," tambah Hendry.

Kemudian, tahap ketiga yakni Advokasi dan Pemberdayaan, PKS sudah melaunching program Ketahanan Pangan DPW PKS Riau. Salah satu bentuk programnya ialah ‘Gerakan Ayo Menanam Bersama PKS’, selanjutnya program ini juga diturunkan ke seluruh DPD hingga DPC PKS se-Provinsi Riau.

Dilanjutkannya, kemudian PKS melakukan Advokasi Anggaran dan Kebijakan kepada Pemerintah Provinsi Riau juga Pemerintah Kota/kabupaten.

“Advokasi dilakukan melalui Anggota DPRD Provinsi Riau dan Kota/kabupaten dari Fraksi PKS, untuk bekerjasama mengatasi masalah dampak Covid-19 ini, sekiranya berkepanjangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan lahan kosong baik milik masyarakat ataupun milik pemerintah daerah,” lanjut Hendry Munief.

"Terakhir, saya mengajak kepada seluruh kader PKS dan masyarakat Riau 'Ayo Menanam'. Kita mulai dari diri dan keluarga kita, mari kita bahu membahu mengatasi masalah ini," tutupnya.

Kedepan, untuk memperkuat 'Gerakan Ayo Menanam', PKS Riau akan melakukan pendampingan kepada masyarakat, yang di koordinir oleh ketua tim Ketahanan Pangan DPW PKS Riau Seto Hendratmo.

Pada kesempatan tersebut, ketua panitia acara Markarius Anwar mengungkapkan bahwa PKS Riau juga akan mengadakan lomba video dan foto gerakan ketahanan pangan 'Ayo Menanam'.

"Syarat dan ketentuan nanti akan kami infokan lebih lanjut melalui bidang Humas PKS Riau," cetus Bendahara PKS Riau itu.

Diakhir acara, Ketua DPW PKS Riau Hendry Munief dan Ketua DPRD Riau Hamdani menyerahkan bantuan bibit tanaman secara simbolik kepada Ketua DPD PKS Pekanbaru Sony Martin dan DPC Marpoyan Damai, untuk dibagikan kemasyarakat.

Turut hadir di acara tersebut Anggota DPRD Provinsi Riau Arnita Sari, Wakil Ketua DPW PKS Riau Syamsudin B beserta jajaran, dan Ketua Satgas Covid-19 PKS Riau Amril Hambiya.