Pemkab Kuansing Ajukan Bantuan Dana Setengah Triliun Lebih ke Pemprov Riau

maisir.jpg
(robi)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengajukan bantuan dana sebesar Rp 550 Miliar atau lebih setengah triliun ke Pemerintah Provinsi Riau untuk tahun 2021 mendatang.

Sebagian besar usulan yang disampaikan adalah untuk pembangunan infrastruktur, kemudian untuk bidang pendidikan, pertanian, perikanan, lingkungan hidup dan juga untuk menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi di Kuansing.

"Total dana yang kita ajukan ke Provinsi termasuk untuk Porprov itu sebesar Rp 550 Miliar," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kuansing, Maisir kepada Riau Online, Rabu, 11 Maret 2020.

Maisir merincikan sesuai rekapitulasi usulan kegiatan pembiayaan APBD Provinsi Riau ada 14 OPD di Kuansing yang sudah mangajukan usulan ke Provinsi. Usulan 14 OPD tersebut dikumpulkan oleh Bappeda Litbang Kuansing dan disampaikan ke Provinsi dan totalnya mencapai Rp 388 Miliar lebih.

Diantaranya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga mengusulkan Rp 70 miliar lebih, Dinas Kesehatan Rp 10 miliar lebih, RSUD Teluk Kuantan Rp 1,9 miliar lebih, Dinas PUPR Kuansing 149 miliar lebih, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Rp 55,5 miliar lebih, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Rp 4,3 miliar.

Selanjutnya Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Rp 3,3 miliar lebih, DLH Kuansing Rp 20 miliar lebih, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Rp Rp 300 juta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rp 15,9 miliar lebih, Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Rp Rp 415 juta, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Rp 8,1 miliar, Dinas Perhubungan Rp 21 miliar dan Dinas Pertanian Rp 26 miliar.

Kemudian disampaikan Maisir untuk Porprov itu totalnya usulan yang disampaikan ke Provinsi mencapai Rp 170 miliar. Dana ini nantinya akan digunakan mulai pembangunan venue, perbaikan venue, dan rehab venue untuk mendukung kegiatan Porprov di Kuansing.

Dia berharap Pemprov Riau bisa merealisasikan usulan yang sudah diajukan supaya dianggarkan pada tahun 2021 mendatang. "Harapan kita semoga usulan ini bisa direalisasikan Provinsi nanti," kata Maisir.

-->