Sah, DPRD Riau Miliki Empat Pimpinan Defenitif

PIMPINAN-DPRD-BARU-RIAU-2019-2024.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah sebulan hanya dipimpin oleh pimpinan sementara, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau akhirnya secara resmi memiliki pimpinan DPRD Riau defenitif.

 

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan palu sidang kepada pimpinan DPRD Riau defenitif oleh pimpinan sementara dalam rapat paripurna pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD masa jabatan 2019-2024, Senin, 7 Oktober 2019 yang dipimpin oleh ketua DPRD Riau sementara Sukarmis.

 

Penyerahan ini dilakukan usai pembacaan sumpah jabatan yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi.

 

Empat pimpinan yang dilantik ini masing-masing dijabat oleh Indra Gunawan Eet (Golkar) sebagai ketua DPRD Riau, dan Zukri Misran (PDIP), Asri Auzar (Demokrat) serta Hardianto (Gerindra) sebagai wakil ketua DPRD Riau.

 

Dalam kata sambutannya, Sukarmis menjelaskan bahwa tugas yang dititipkan kepadanya selaku ketua DPRD Riau sementara sudah berjalan dengan baik, dimana ia hanya bertugas dengan merampungkan susunan raksi, dan pembahasan Tatib DPRD Riau.


 

"Bilamana di dalam menjadi pimpinan sementara belum dapat penuhi keinginan semua pihak, kami minta maaf, masih banyak yang bisa kita benahi bersama," kata Sukarmis.

 

Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan Eet dalam sambutannya mengatakan, bahwa pihaknya akan segera menyelesaikan tugas dan kewajibannya sebagai wakil rakyat.

 

Salah satunya membahas ranperda APBD 2020 yang batas akhirnya tinggal 1,5 bulan lagi, tepatnya 30 November 2018.

 

"Pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) seperti Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Kehormatan (BK), Badan Legislasi (Banleg) dan komisi akan digesa. Sebab, masih ada ranperda APBD 2020 yang telah menunggu. Sempitnya waktu yang tersisa akan kami gunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas ini," kata Eet.

 

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar yang hadir dalam pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD Riau periode 2019-2024 mengucapkan selamat kepada para pimpinan yang baru dilantik ini.

 

Mantan bupati Siak dua periode ini berharap, agar pimpinan yang baru mampu meningkatkan komunikasi yang baik antara legislatif dan eksekutif.

 

"Kami berharap agar pimpinan DPRD Riau mampu melaksanakan fungsi-fungsinya, dan dapat membangun komunikasi yang baik sehingga bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ucapkan selamat bekerja," ujar Gubri.

 

Selanjutnya, para pimpinan DPRD Riau ini bersama para istrinya berdiri di depan meja pimpinan sidang dan bersalaman dengan anggota DPRD Riau lainnya dan pada hadirin yang hadir dalam rapat tersebut. (Advertorial)