Marak Karhutla di Karya Indah, Danramil Kumpulkan Perangkat Desa

danramil-kampar.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE,TAPUNG -Menyikapi Cuaca panas yang bisa meningkatkan intensitas kebakaran akhir-akhir ini di wilayah desa Karya Indah Kecamatan Tapung, Danramil 16/Tapung Kapten Inf. Taufik Sihombing mengajak Aparatur Desa Karya Indah untuk mensosialisasikan Karhutla, Rabu (15 Agustus 2018).

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut Kepala Desa Karya Indah, Babinsa Karya Indah, Bhabinkamtibmas, Manggala Agni, MPA Desa Karya Indah, dan Aparatur Desa beserta Pemuda Karang Taruna Desa Karya Indah.

Kepala Desa Karya Indah, Muhammad Ali dalam sambutannya mengajak seluruh RT, RW, dan Kadus di wilayah kerja Pemerintahan Desa Karya Indah untuk bersinergi dalam menyikapi dan menanggulangi persoalan Karhutla di Desa Karya Indah.

"Salah satu teknisnya, bisa kita lakukan juga dengan pemasangan spanduk himbauan larangan karhutla diwilayah RT masing-masing," beber Kades.


Sementara itu, Koramil 16 Tapung, Taufik Sihombing meminta Aparatur RT dan RW mendata pemilik lahan khususnya lahan tidur agar pemiliknya bertanggung jawab menjaga lahannya dari bahaya kebakaran, serta ikut membantu penanggulangan kebakaran jika lahannya terbakar.

"Namun jika ada unsur kesengajaan dan kelalaian, harus bersedia diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," Tegas Komandan Rayon Militer 16/Tapung.

Kapten Inf.Taufik Sihombing, juga menjelaskan Danramil 16/Tapung dan Polsek Tapung telah memasang Police Line dilokasi Kebakaran yang berada di Jalan Riau Ujung Desa Karya Indah Kecamatan Tapung guna diproses hukum lebih lanjut.

"Dengan harapan, tidak ada lagi lahan yang terbakar sesuai Instruksi dan Perintah Dandim 0313 / Kampar, karena tidak lama lagi Sea Games akan berlangsung di Indonesia. Jangan sampai, berlangsungnya Sea Games ini kita tercetus sebagai penyumbang asap," ucap Koramil. (*)