Riwayat Pasien Konfirmasi Positif Covid-19 Asal Sentajo Raya Belum Diketahui

Positif-Corona.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO 

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing dibantu Puskesmas setempat masih melakukan tracing atau pelacakan terhadap sumber penularan pasien konfirmasi positif Covid-19 asal Sentajo Raya.

Tn WI (34) diumumkan positif virus corona oleh Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing setelah mendapatkan informasi dari GT Provinsi Riau, pada Senin, 22 Juni 2020.

Tn WI (34) yang berdomisili di Kecamatan Sentajo Raya merupakan pasien konfirmasi positif nomor 163 di Provinsi Riau. Kini Tn WI dirawat di salah satu RS swasta di Pekanbaru.

"Dari mana pasien ini tertular masih terus kita dalami, petugas kita masih di lapangan melakukan tracing ke mana saja selama ini perjalanannya," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Kuansing, Jumardi, Selasa, 23 Juni 2020.

Jumardi mengatakan, kini petugas terus mendalami apakah ada tranmisi lokal atau tidak. Hingga kini, kata Jumardi belum tahu darimana pasien ini bisa tertular. "Bisa jadi tranmisi lokal, maka kini tengah kita telusuri," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Tn WI masuk RS di Pekanbaru pada 18 Juni 2020 lalu setelah hasil rapid test reaktif. "Tanggal 19 Juni 2020 kemarin dilakukan pengambilan swab," kata Amel.

Pasien ini, kata Amel, sudah dua kali dilakukan pengambilan swab. "Swab kedua tanggal 20 Juni 2020," katanya.

Tn WI ini, terang Amel, tergolong orang tanpa gejala (OTG), awalnya masuk RS karena kemasukan serbuk sawit dimatanya. "Jadi tidak ada demam maupun batuk pilek," kata Amel.

Amel mengatakan, untuk tracing (pelacakan) sudah dilakukan terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan oleh Dinas kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas.

Namun dirinya mengaku belum mendapatkan informasi alamat pasti 20 orang hasil tracing tersebut. "Ada 20 orang hasil tracing merupakan teman sekerjanya dan sudah dilakukan pengambilan swab," terang Amel.