Tak Cuma Kalimantan, Riau Juga Punya Pesut, Pemunculan Perdana di Riau

Pesut2.jpg
(istimewa)

Laporan: RAHMADI DWI

RIAUONLINE, PEKANBARU-Heboh dengan kemunuculan ikan pesut, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, menurunkan tim menuju Desa Segati, Kabupaten Pelalawan, mempelajari populasi hewan langka tersebut, Jumat, 18 September 2020.

Warga Desa Segati, Kecamatan Langgam, Pelalawan dihebohkan dengan kemunculan seekor ikan pesut di Sungai Segati, demi menjaga kelestariannya, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, mengimbau kepada masyarakat sekitar untuk tidak membahayakan satwa dilindungi ini.

Saat ini, tim BBKSDA bekerjasama dengan kepolisian guna mensosialisasikan kepada masyarakat di sekitar Sungai Segati untuk tidak menganggu dan menangkap ikan pesut.

Pesut

Pesut di Sungai Segati

Kepala Bagian Tata Usaha BBKSDA Riau, Hartono, mengatakan, tim BBKSDA masih berada di lokasi mempelajari populasi ikan pesut di Sungai Segati.

"Dari hasil laporan hanya ada 1 ekor, namun tim tetap melakukan survey untuk mengetahui seberapa banyak populasi pesut di Sungai Segati," kata Kabag TU BBKSDA, Hartono.

Hartono, menambahkan, temuan satwa ikan pesut ini baru pertama kali ditemukan di Provinsi Riau, selama ini ikan pesut adanya di Sungai Mahakam, Kalimantan.

"Ini yang pertama kali kita ketahui ikan pesut ada di Riau," ucap Hartono.

Berdasarkan Undang-undang nomor 5 tahun 1990 bahwa ikan pesut termasuk satwa yang dilindungi.