Disentil Gubernur Soal Covid-19, Pemkab Kampar Langsung Gelar Swab Massal

swab7.jpg
(Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar)

Laporan LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, KAMPAR- Pemerintah Kabupaten Kampar menindaklanjuti arahan Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi agar melakukan swab massal.

Hal ini perlu dilakukan agar memutus rantai penularan Covid-19.

Swab massal tersebut terlebih dahulu menyadari pada pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar.

Dikutip dari akun facebook Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Sabtu 22 Agustus 2020 siang, Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, melakukan swab massal. 

"Kita akan lakukan swab massal seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Harian Lepas (THL) dan masyarakat. Ini menindaklanjuti asistensi Gubernur Riau tentang penanggulangan Covid-19 pada beberapa waktu lalu. Alhamdulillah hampir keseluruhan pejabat Esselon II telah kita swab hari ini," Kata Kadinkes Kabupaten Kampar, Dedi Sambudi.ujar Dedi Sambudi.

Menurut Dedi tingginya penyebaran covid-19 di Kabupaten Kampar, membuat Serambi Mekkah tersebut berada pada zona orange.

Apalagi pelaksanaan swab masih rendah dan belum mencapai target.

"Sesuai instruksi Bupati Kampar untuk melaksanakan swab masal, hari ini mulai dari pejabat esselon II, selanjutnya seluruh ASN/l, THL dan seluruh masyarakat. Hasil swab ini akan kita keluarkan secepatnya," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi menyoroti rendahnya capaian pelaksanaan swab di Kabupaten Kampar. Apalagi hasil swab baru mencapai 39 persen.

"Hasil swab di Kampar masih 39 persen, ini jauh dari target swab. Hal ini harus bisa ditingkatkan. Terutarama kepada para orangtua, kemudian orang yang selalu bersentuhan dengan masyarakat, termasuk pegawai pemda sendiri," ujar Gubri, Rabu 18 Agustus 2020.