Kebun Sawit Seluas 1 Ha Terbakar, Tim Berjibaku Padamkan Api hingga Sore

Karhutla4.jpg
(Riau Online)

LAPORAN : RISKI APDALLI

  

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Lahan kebun sawit masyarakat di Desa Petani, Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau, terbakar.

 

Sedikitnya 1 Hektar (Ha) di lalap sijago merah sejak Senin, 10 Agustus 2020 siang.

 

Tim gabungan dari Polri, TNI, RPK Perusahaan, dan MPA yang dipimpin lansung Kapolsek Bunut, AKP Rokhani, SS, MH, berjibaku memadamkan api di daerah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

 

Alhasil, sekitar pukul 16.00 Wib, api berhasil dijinakkan dan saat ini sudah memasuki tahap pendinginan.

 

"Api diduga muncul akibat panas terik dalam beberapa hari di musim kemarau ini, pertama kali tim mendapat laporan dari masyarakat. Kita langsung mengerahkan seluruh anggota kelapangan," ungkap Kapolsek, Rokhani, Selasa, 11 Agustus 2020.

 

"Alhamdulillah sekira pukul 16.00 wib api sudah bisa dikendalikan sehingga menyisakan asap, kita lanjutkan pendinginan sampai betul- betul clear," tambahnya.

 

Sejauh ini, kata Kapolsek Rokhani, situasi yang sudah padam hanya tinggal asap saja, mudah-mudahan dapat dengan cepat diselesaikan secara tuntas dan tidak sampai berhari-hari.

 

Sedangkan, lahan yang terbakar merupakan lahan masyarakat dengan luas lahan yang terbakar sekira 1 Ha, diatasnya terdapat pohon sawit berumur sekitar 1.5 tahun.

 

"Saat ini masih dilakukan penyelidikan siapa yang punya, dan sementara luas lahan yang terbakar sekira 1 hektar," pungkasnya, kepada RiauOnline.co.id