Camat Pangkalan Kerinci Fasilitasi Dialog Antara Masyarakat Dengan PT APR Terkait Bau Busuk

camat-kerinci.jpg
(riski)

LAPORAN: RISKI APDALLI

RIAUONLINE, PANGKALAN KERINCI - Camat Pangkalan Kerinci, Dodi Asma Putra dijadwalkan pada Kamis, 12 Maret 2020, mendatang akan menfasilitasi dialog soal munculnya bau busuk antara pihak PT. RAPP dan Forum Rukun Tetangga/Rukun Warga (RT/RW) dan Kepala Lingkungan (Kalling) se-Kecamatan Pangkalan Kerinci. Acara digelar di aula Kantor Camat Pangkalan Kerinci, Pelalawan.

"Pertemuan ini bukan mediasi atau aksi damai melainkan dialog, perlu digaris bawahi. Sebelumnya, ada laporan dari Forum RT/RW dan Kalling untuk aksi ke PT RAPP atau PT APR terkait bau busuk yang muncul di Ibu kota Pangkalan Kerinci. Selanjutnya ada pihak manajemen perusahaan menghubungi untuk dilakukan pertemuan. Hasilnya setelah berkoordinasi dengan Forum maka disepakati Kamis depan pertemuan akan digelar," ucap Camat .

Ditambahkan Camat, sesuai laporan dari forum RT/RW dan Kalling menyusul semakin banyaknya laporan masyarakat yang mengeluhkan bau busuk, maka perlu ditindaklanjuti oleh forum RT, RW dan Kalling.

"Permintaan Forum RT/RW dan Kalling yakni adanya penjelasan dari pihak yang berkompeten soal bau busuk yang muncul. Apakah bau busuk ditimbulkan berbahaya dan berdampak atau tidak terutama terhadap kesehatan masyarakat karena terkait pencemaran udara. Perusahaan juga diminta kejelasannya bau busuk yang muncul dari PT. RAPP atau PT. APR. Begitu juga soal bau busuk itu masih di bawah ambang batas atau seperti apa," terangnya.

Camat berharap kepada pihak perusahaan agar dapat memberikan penjelasan secara detil dan sesuai fakta terhadap keluhan masyarakat yang diadukan kepada pihak RT/RW dan Kalling.

"Kuncinya memang harus ada pihak berkompeten yang memberikan penjelasan sesuai permintaan dari Forum RT, RW dan Kalling," ungkapnya.

Disinggung soal rencana awal Forum RT/RW dan Kalling yang ingin melakukan aksi demo ke pihak PT RAPP dan PT APR, Camat menyampaikan agar dilakukan terlebih dulu dialog.

"Saya tidak akan menyinggung soal aksi demo, jelasnya kita dari Kecamatan akan fasilitasi dialog," tandasnya kepada, RiauOnline.co.id.