300 Mitra Bina Siap Bangun Pelalawan

RAPP-Temu-Bina-Mitra.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PANGKALAN KERINCI - Keberadaan perusahaan di tengah-tengah masyarakat harus memiliki dampak positif, termasuk dari segi ekonomi dan sosial.

Direktur PT Riau Dua Berlian, Muhammad Rafi, mengatakan, perusahaan yang berada di Kabupaten Pelalawan, khususnya Pangkalan Kerinci, turut ambil andil dalam pembangunan, termasuk di PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Hal tersebut ia ungkapkan saat Silahturahmi dan Temu Mitra Small Medium Entreprise (SME) Community Development (CD) RAPP di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT), Townsite 2, Pangkalan Kerinci, Kamis, 1 Januari 2019.

Kegiatan ini dihadiri ratusan mitra bina berhubungan dengan operasional perusahaan (inline), maupun tak langsung (offline).

Warga asli Kuala Terusan, Pelalawan ini menceritakan, sejak mulai beroperasi tahun 1993, RAPP telah banyak memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Ia mulai merasakan pembangunan pesat sekitar 2000. Banyak akses jalan terbuka sejak pabrik pulp dan kertas ini beroperasi.

"Usaha saya di bidang pemenuhan tenaga kerja. Mereka berasal dari sekitar Pangkalan Kerinci. Saat ini ada 120 orang di bawah naungan perusahaan saya bekerja di RAPP. Alhamdulillah," jelasnya.

Direktur RAPP, Mhd Ali Shabri mengatakan, saat ini kurang lebih 300 mitra bina bekerja sama dengan RAPP. Terdiri dari 200 inline dan 100 offline.

Para mitra bina tersebut berasa di lima kabupaten operasional RAPP, yakni Pelalawan, Siak, Kuantan Singingi, Kampar dan Kepulauan Meranti.

"Sekitar 4.000 orang tenaga kerja yang berasal dari mitra bina. Saat ini, banyak ruang yang harus kita lakukan agar komitmen Tumbuh dan Berkembang Bersama Masyarakat lebih ditingkatkan. Ini tidak mudah tetapi kita sama-sama membangun," tutur Ali.

Ia berharap, sinergi ini juga harus mendukung program pemerintah agar sama-sama bahu membahu membangun daerah. Sebab, RAPP telah berkomitmen sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs) untuk pembangunan berkelanjutan, salah satunya pada poin 17 Partnership for the Goals.