Gubernur Andi Rachman Hadiri Penabalan Datuk Piliang Kenegarian Tambang

Andi-Rachman-hadiri-penobatan2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE - Gubernur Riau Arsyadjuliandy Rachman bersama Bupati Kampar Azis Zaenal serta Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto diikuti beberapa Anggota DPRD Provinsi Riau dan Kabupaten Kampar menghadiri penobatan Syaharuddin sebagai Datuk Bijoanso Pucuk Persukuan Piliang Kenegerian Tambang.

Pada kesempatan itu, juga digelar syukuran terpilihnya Datuk Bijoanso sebagai Kepala Kesa Kemang Indah periode 2017-2023 di halaman Surau Dusun V Desa Kemang Indah Kecamatan Tambang, Kamis 11 Januari 2018.

Gubri dan rombongan disambut hidangan bajambau dengan masakan khas Kampar yang disajikan di atas dulang kaki tiga dengan diawali basisambau yang merupakan adat tradisi dikampar dalam penyelenggaraan acara adat maupun penyambutan tamu kehormatan, yang dilakukan antara para Ninik Mamak dengan saling berbalas menggunakan ungkapan-ungkapan adat.

Bupati Kampar Azis Zaenal dalam sambutannya mengajak tokoh adat bersama-sama masyarakat agar dapat membangun desa.

"Jangan ada lagi sikut menyikut, mola Wak Basamo bangun Kampar Kito, kalau bersama semua persoalan yang ada dapat diselesaikan secara bersama dan akan terasa ringan, dengan peran masing-masing kita saling nasehat menasehati baik pemerintah, alim ulama dan Ninik Mamak. Kabukik samo mendaki, kelurah samo manuwun. Bak tali bapilin tigo, tigo tungku sajoangan," ungkap Azis dalam bahasa ocu.

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, dalam pidatonya mengharapkan masyarakat dapat menjaga lingkungan dan mengatasi hal-hal yang dapat diselesaikan secara bersama.

"Tadi Pak Azis menyinggung masalah pembangunan dengan ini mari bersama kita jaga keamanan, mari kita jaga stabilitas di Provinsi Riau. Apalagi di tahun politik ini, masyarakat dan Ninik Mamak jaga keamanan dan dengan kita bersama menjaga kita dapat membangun Riau bersama," ungkap Andi.

Penabalan Datuk di Tambang

Gubri H Arsyadjuliandi Rachman Hadiri Penobatan Datuok Bijoanso dan Ninik Mamak Pasukan Piliang Kenegerian Tambang & Syukuran Kepala Desa Kemang Indah Perionde 2017-2023, di Rumah Gadang Pasukan Piliang, Tambang, Kabupaten Kampar. 

 

Andi Rachman di Penabalan Datuk

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, memberikan sambutan pada Penobatan Datuok Bijoanso dan Ninik Mamak Pasukan Piliang Kenegerian Tambang & Syukuran Kepala Desa Kemang Indah Perionde 2017-2023, di Rumah Gadang. 

 Andi Rachman di Penabalan Datuk

 Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, memberikan sambutan pada Penobatan Datuok Bijoanso dan Ninik Mamak Pasukan Piliang Kenegerian Tambang & Syukuran Kepala Desa Kemang Indah Perionde 2017-2023, di Rumah Gadang. 

 

Gubernur Riau di Inhil

GUBERNUR Riau, Arsyadjuliandi Rachman, disambut masyarakat Pengalihan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). 

 

Gubernur Andi Rachman dengan Ninik Mamak

 Gubri H Arsyadjuliandi Rachman Hadiri Penobatan Datuok Bijoanso dan Ninik Mamak Pasukan Piliang Kenegerian Tambang & Syukuran Kepala Desa Kemang Indah Perionde 2017-2023, di Rumah Gadang Pasukan Piliang Desa Kemang Indah, Tambang, Kabupaten Kampar. 

 

Andi Rachman di Penabalan Datuk

 GUBERNUR Riau, Arsyadjuliandi Rachman, menyaksikan Penobatan Datuok Bijoanso dan Ninik Mamak Pasukan Piliang Kenegerian Tambang & Syukuran Kepala Desa Kemang Indah Periode 2017-2023, di Rumah Gadang Pasukan Piliang. 

Andi Rachman di Inhil

GUBERNUR Riau, Arsyadjuliandi Rachman foto bersama Bupati dan Calon Wakil Bupati Inhil saat Kunjungan Kerja Gubri di Kab Indragiri ilir (Inhil). 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id 

 

-->