Siak Dipilih Sebagai Tuan Rumah Rakerwil dan Muswil IPHI ke IV, Ini Alasannya

Siak-tuan-rumah-IPI.jpg
(Effendi)

LAPORAN: EFFENDI

RIAU ONLINE, SIAK - Ditunjuknya Kabupaten Siak sebagai tuan rumah Rakerwil dan Muswil ke IV Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Riau ini, sesuai dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Siak dalam bidang agama yang sangat luar biasa.

Hal tersebut disampaikan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Riau Provinsi Riau H Asyari Nur.

“Adanya Program Kampung keluarga Sakinah, Perda Destinasi Wisata Halal dan juga mengenai Baznas, hanya di Siak yang sudah mengumpulkan zakat pertanian, yang merupakan satu-satunya kabupaten di Indonesia dan masih banyak lagi komitmen Siak terkait pembangunan keagamaan khususnya di agama islam," kata Asyari.

Kemudian, Ketua Umum Pusat IPHI yang diWakili Ketua Ikatan Majelis Taklim Perempuan IPHI Hj. Nur Hasanah, mengatakan esensi perjuangan IPHI adalah menjaga dan memelihara kemabruran haji, serta mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di dalam keluarga maupun di tengah masyarakat.

“Visi IPHI jelas yakni meningkatnya implementasi haji mabrur di tengah-tengah masyarakat, sehingga tercapai kondisi umat dan bangsa yang sejahtera lahir dan batin. Dan misi IPHI jelas, memberdayakan para haji dalam melestarikan kemabruran hajinya, menjadi teladan, panutan dan pilar peningkatan kualitas umat dan bangsa Indonesia," jelas Nur Hasanah.

Masih kata Ketua Ikatan Majelis Taklim Perempuan IPHI, fungsi IPHI ada tiga pertama sebagai wahana penghimpun potensi para haji Indonesia, penyerap dan penyalur aspirasi umat. Kedua, sebagai organisasi kemasyarakatan turut serta menyukseskan program pembangunan bangsa dan ketiga adalah sebagai sarana untuk mempererat ukhuwah islamiyah sesama umat.

Dalam sambutannya, Bupati Siak H. Syamsuar menyampaikan terimakasih telah memilih Kabupaten Siak, sebagai tuan rumah pada Rakerwil dan Muswil ke IV IPHI Provinsi Riau.

“Kami memandang IPHI ini merupakan organisasi keislaman yang Memiliki peranan penting dalam membangun sosial kemasyarakatan," kata Syamsuar pada saat membuka Rakerwil dan Muswil ke IV Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Riau, dengan tema “Tingkatkan Ukhwah sebagai Wujud Kemabruan Haji untuk Kejayaan Umat," di gedung Maharatu, Jumat 9 Februari 2018.

“Saya berharap, dengan adanya organisasi IPHI bisa membantu dalam mensiarkan agama islam di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya seperti mengajak masyarakat untuk gemar salat berjamaah di masjid," kata Syamsuar.

Acara ini dihadiri seluruh ketua IPHI kabupaten/kota se-Provinsi Riau, termasuk Ketua IPHI Kabupaten Siak H. M. Syukur.(2)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id