Dua RS Rujukan Disiapkan Guna Antisipasi Efek Samping Vaksin Covid-19

vaksinasi-perdana-di-Riau4.jpg
(WAYAN SEPIYANA/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Tim vaksinasi Covid-19 di Kota Pekanbaru menyiapkan dua rumah sakit sebagai rujukan bagi penerima vaksin yang mengalami efek samping pasca vaksin.

 

Kedua rumah sakit tersebut yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad dan Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani. Mereka yang mengalami efek samping vaksin bakal jalani perawatan medis di sana.

 

"Bila setelah divaksin mengalami keluhan, mereka bisa datang ke rumah sakit ini," jelas Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Kamis 14 Januari 2021.

 

Ia tidak menampik ada efek samping usai disuntik vaksin jenis sinovac. Sejumlah efek samping dari vaksin tersebut yakni rasa nyeri di bagian disuntik. Ada pembengkakan di areal bekas suntikan.

 

Penerima vaksin juga mengalami demam. Ia memastikan tidak ada dampak berarti terhadap penerima vaksin.

 

Tim vaksinasi pun bakal memantau perkembangan dari penerima vaksin. Mereka bakal melakukan pemantauan selama 30 menit usai penyuntikan vaksin.

 

 

Menurutnya, mereka yang mengalami keluhan pasca vaksin bisa datang ke dua rumah sakit tersebut. "Kita pantau kondisinya setengah jam usai divaksin. Kalau butuh perawatan langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan yang sudah ditunjuk," ulasnya.