MUI Riau Bantu Wujudkan Destinasi Wisata Halal di Bumi Lancang Kuning

Logo-MUI2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Dari sepuluh provinsi yang ada di Indonesia sebagai destinasi wisata halal, Riau salah satunya. Terkait hal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau 2020-2025 akan bantu mewujudkan destinasi wisata halal tersebut.

Ketua MUI Riau, Prof.Dr.H.Ilyas Husti.MA mengatakan, pihaknya akan membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk mewujudkan destinasi wisata halal. Hal ini bertujuan menarik turis, baik dalam maupun mancanegara untuk berwisata ke Riau.  

 

“Tentu ini kan, kita bekerja keras, sehingga program pembangunan daerah, khususnya di wisata halal ini bisa menjadi kebanggaan Riau,” katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 2 Desember 2020.

Ilyas mengungkapkan, salah satu cara mewujudkan destinasi wisata halal ini dengan memberikan sertifikasi halal untuk setiap produk, rumah makan, restoran, dan penyedia makanan.

“Kita sertifikasi supaya nanti orang luar masuk membeli, dia sudah tidak ragu lagi,” ujarnya.

Selain itu, menurut Ilyas, pihaknya nanti akan melibatkan seluruh MUI Kabupaten/Kota dalam sertfikasi. Dari pengamatannya, selama ini dalam proses sertifikasi, tidak dilibatkan MUI Kabupaten/Kota.

“Saya nanti In syaa Allah, akan memfungsikan Kabupaten/Kota dalam melaksanakan sertfikasi prodak yang ada di Riau ini. Namun justifikasinya tetap ada pada MUI Provinsi dan Kanwil Agama,” jelasnya.

Selain destinasi wisata halal, kedepannya MUI Riau juga akan membantu Pemprov Riau untuk membangun Islamic Centre (IC). Menurut Ilyas, IC merupakan pusat kegiatan agama umat Islam yang nantinya akan menjadi daya tarik bagi seluruh masyarakat muslim.

“Tidak hanya bagi muslim, tapi juga bisa bagi non muslim,” ungkapnya.

 

Ilyas mengatakan, IC sendiri sudah dirumuskan pengurus sebelumnya, pihaknya nanti akan kembali memantapkan. “Nanti saya ingin, dibidang keislaman ini, Riau menjadi the best diantara provinsi-provinsi yang ada di Indonesia,” pungkasnya.