Buka Muswil PAN Riau,Zulkifli Hasan: Jangan Ada Kursi Melayang

Muswil-VI-PAN-Riau3.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Musyawarah wilayah (Muswil) PAN Riau, resmi dibuka oleh ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan secara virtual Senin, 28 Desember 2020. Dalam kata sambutannya Zulhas berharap agar Muswil ini berjalan lancar. Ia meminta para kader menjaga soliditas internal partai. 

"Bukan kompetisi internal, kita lihat semua parpol sudah tidak ada lagi perkelahian internal," ujar Zulhas via video conference. 

 

 

 

Zulhas menyebut, pertarungan politik seharusnya terjadi di arena kontestasi politik Pemilihan Umum Kepala Daerah maupun Pemilihan Legislatif bukan di internal partai. 

 

"Di Pileg, Pilkada Disitulah kita berjuang. Kita berjuang mengawasi Gubernur, mengawasi Bupati. Kita berjuang membuat perda yang berpihak kepada masyarakat," ungkapnya. 

 

Hal ini menurut Zulhas harus disikapi karena PAN belum maksimal di raihan Pilkada atau Pileg meski kader-kadernya cemerlang.

 

Hal ini disebut Zulhas karena perpolitikan Indonesia masih cenderung transaksional yang dikuasai partai-partai besar. 

 

"Demokrasi kita hari ini transaksional. Banyak yang protes, marah, kecewa tapi yang menang partai itu-itu lagi. Satu, dua berpindah itu ke itu saja, Kita kalah dari politik sembako, nasi kotak, politik ongkos," ujar Zulhas. 

 

Zulhas berharap insiden-insiden kericuhan yang sempat terjadi di kongres PAN ke-V di Kendari pada Februari lalu tidak lagi terjadi. 

 

 

"Melalui diskusi yang panjang, kami sudah memiliki penilaian yang panjang. Kami meminta untuk meminta agar muswil kali ini menaati keputusan DPP, Kursi-kursi yang melayang harus diakhiri," tegas Zulhas.