Prof Wiku Asisasmito: Hari Libur Rentan Penambahan Covid-19

liburan5.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU -Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara (Jubir) Pemerintah dalam penanganan Covid-19, Profesor Wiku Asisasmito mengatakan penyebaran Covid-19 saat natal dan tahun baru rentan terjadi.

 

Pasalnya, saat cuti panjang kemarin, penambahan pasien positif Covid-19 cukup signifikan.

 

Jumlah kasus aktif Covid-19 secara nasional meningkat drastis dalam satu bulan terakhir, bersamaan dengan masuknya periode libur akhir tahun.

 

"Biasanya setiap setelah libur, penambahan pasien positif Covid-19 akan terlihat usai Natal dan Tahun Baru ini," ucap Wiku saat Konferensi Pers yang dikutip Riauonline dari Metro TV, Kamis, 24 Desember 2020.

 

Prof Wiku berharap itu tidak terjadi jika masyarakat di masing-masing daerah disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

 

"Kita tidak mengharapkan penambahan pasien positif Covid-19, kami juga berharap masyarakat Indonesia disiplin menerapkan protokol kesehatan dan ingat pesan ibu," pungkasnya.

 

Momentum libur akhir tahun ini, Natal dan Tahun Baru, disebut Wiku sebagai saat-saat pembuktian bagi seluruh masyarakat dan pemda untuk mengambil pelajaran dari tiga momen libur panjang sebelumnya. 

 

 

Masyarakat diminta menahan diri untuk bepergian dan tetap menjalankan protokol kesehatan