Mau Jadi Anak Muda Berkualitas? Yuk Gabung Forum Anak Riau

Forum-Anak-Riau2.jpg
(ig @forumanakriau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kesempatan menjadi anggota Forum Anak terbuka lebar bagi seluruh anak-anak yang memiliki keinginan untuk bergabung dengan usia di bawah 18 tahun.

“Jadi jika ingin bergabung menjadi anggota Forum Anak tidak harus anak osis atau anak-anak yang aktif tergabung dengan organisasi lainnya,” ujar Syauqi, Ketua Forum Anak Riau.

 

Namun, Syauqi menyampaikan jika ingin bergabung harus melalui prosedur-prosedur dan pada waktu yang sudah ditentukan. Kepengurusan Forum Anak dalam satu periode berdurasi 2 tahun.

Pengurus Forum Anak Riau merupakan hasil seleksi dari anggota Forum Anak yang berada di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau. Pencalonan pengurus akan dilakukan saat kegiatan pertemuan Forum Anak Provinsi Riau. Pengurus Forum Anak berusia 13 hingga 18 tahun.

“Dari sekian banyak calon akan dipilih beberapa di antaranya sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan,” jelasnya.

 

Saat masa seleksi peserta harus melengkapi formulir pendaftaran, data pribadi, membuat essay dan wawancara.

 

Aktif menjadi pengurus Forum Anak berpeluang mengikuti berbagai agenda dari tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Pada tingkat internasional berada di bawah naungan UNICEF (United Nations Children’s Fund).

 

Jumlah pengurus Forum Anak Riau saat ini 16 orang, sektetariat 12 orang, koordinator wilayah 12 orang yang tersebar di semua kabupaten/kota di Riau.

 

Keuntungan yang didapatkan aktif tergabung dengan Forum Anak adalah lebih banyak belajar tentang isu dan hak anak. Softskill atau kemampuan dasar organisasi dapat dikembangkan.

 

“Kita bisa bertemu dengan anak-anak dari berbagai kalangan seperti PMR, OSIS, Pramuka,” ujarnya.

 

Bagi Syauqi, menjadi perwakilan pertemuan Forum Anak Nasional di Surabaya merupakan pengalaman yang sangat berkesan. Ia belajar untuk menganalisis tentang hak perlindungan anak dan didiskusikan dengan seluruh anak-anak di Indonesia yang menjadi perwakilan pada acara tersebut.

 

“Kami juga membahas tentang permasalahan bullying dan solusinya,” katanya.

 

Hasil pertemuan nasional akan dibagikan kepada anak-anak lainnya sehingga akan berdampak pada penyusunan program kerja Forum Anak Riau agar dapat mengatasi permasalahan-permasalahan dengan lebih efektif.

 

Pengurus yang tersebar di berbagai daerah menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Syauqi sebagai Ketua Forum Anak Riau. Koordinasi dan kamunikasi harus dimaksimalkan agar seluruh rangkaian program kerja bisa terlaksana dengan baik.

 

Jika ingin mengetahui info lebih dapat langsung di akses melalui media sosial @forumanakriau.