Sambungan Jaringan Gas di Tiga Kecamatan Rampung November

pipa-gas.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Azhar)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Proyek pemasangan jaringan gas (jargas) di tiga kecamatan di Pekanbaru diperkirakan rampung November 2020 mendatang. Saat ini progres jaringan tersebut masih berlangsung dengan 5.077 sambungan rumah tangga yang akan dialiri gas.

Hal ini diungkapkan Asisten II Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru El Syabrina Senin 26 Oktober 2020 siang. Dikatakannya, sambungan jargas program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Pemko Pekanbaru tersebut dipasang di Kecamatan Sukajadi, Marpoyan Damai dan Senapelan.

"Pemasangan jaringan gas tahun ini sekitar 5.077 sambungan rumah di tiga kecamatan. Program ini dimulai awal tahun dan november bakal selesai," ungkap El Syabrina.

Dijelaskannya, saat ini merupakan pembangunan tahap ketiga. Awalnya tahap pertama sudah terpasang sebanyak 3.317 sambungan di Kecamatan limapuluh dan sudah berfungsi.

Kemudian, tahap kedua tahun 2018 telah terpasang di Kecamatan Pekanbaru Kota dan Kecamatan Sail. Total yang telah terpasang dan berfungsi pada tahap I dan II sebanyak 7 ribu sambungan jargas.

Ditambahkan El Syabrina, Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus MT mengaharapkan 20.000 sambungan terpasang tahun ini. Namun, Pemko Pekanbaru harus berbagi dengan kabupaten dan kota lain.

"Pasalnya hanya 23 kabupaten dan kota yang mendapat program jaringan gas tersebut. Program sambungan jaringan gas gratis bagi penerima," jelasnya.

Tapi setelah masa program habis, maka warga Kota Pekanbaru yang berminat harus membayar seperti pemasangan listrik PLN. Jaringan gas ini akan diawasi langsung oleh Perusahaan Gas Negara (PGN).