Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Pekanbaru Penuh

Dr-Zaini-Rizaly.jpg
(Riau Online)

Laporan: RAHMADI DWI

RIAUONLINE, PEKANBARU - Lonjakan pasien positif Covid-19 yang sangat tinggi mengakibatkan sembilan rumah sakit rujukan di Kota Pekanbaru penuh, Kamis, 17 September 2020.

Dari 22 rumah sakit rujukan yang sudah ditetapkan Gubernur Riau, 9 rumah sakit rujukan di Pekanbaru penuh oleh pasien Covid-19, seperti Rumah Sakit Awal Bros serta Rumah Sakit Eka Hospital.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr. Zainy Rizaldi, menjelaskan, untuk mengantisipasi kepadatan di rumah sakit, pihaknya sudah menyurati beberapa rumah sakit untuk tidak lagi merawat pasien positif dengan kriteria Orang Tanpa Gejala di rumah sakit rujukan.

"Khusus pasien OTG dan bergejala ringan dilakukan isolasi mandiri di tempat yang telah disediakan dan di rumah masing-masing," kata dr. Zainy Rizaldi.

Selanjutnya, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru sedang melakukan penambahan jumlah kamar isolasi di Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru, Jalan Garuda Sakti.

"Semula kapasitasnya 35 kamar, kita upayakan menjadi 70 kamar," ucap dr. Zainy.

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mencatat, dari total pasien positif Covid-19 di Kota Pekanbaru, sekitar 70 persen diantaranya adalah pasien tanpa gejala maupun pasien gejala ringan.