Sebanyak 17.629 Pelajar SMP di Pekanbaru Dinyatakan Lulus Sekolah

Ilutrasi-kelulusan-SMP.jpg
(Aldino)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sebanyak 17.629 pelajar SMP di Pekanbaru dinyatakan lulus sekolah. Jumlah pelajar tersebut berasl dari sekolah negeri dan swasta. Pengumuman kelulusan ini dilakukan Jumat sore pukul 16.00 WIB.

Pengumuman hasil kelulusan disampaikan langsung ke WhatsApp orang tua pelajar. Ini untuk mencegah para siswa berkumpul di sekolah, walaupun pihak sekolah menempel pengumuman kelulusan.

Kelulusan SMP sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester enam kelas IX dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan.

Jika nilai ijazah masih menggunakan dua nilai pada halaman belakang ijazah yaitu nilai rapor dan nilai hasil ujian sekolah, dilakukan ketentuan yakni nilai rapor diambil dari rata-rata semester satu sampai enam untuk siswa SMP.

Nilai ujian sekolah bagi SMP yang melaksanakan diambil dari nilai ujian sekolah. Sementara, untuk SMP sederajat yang tidak melaksanakan, nilai ujian sekolah diambil dari rata-rata nilai semester lima dan enam. Nilai semester enam terdiri dari ujian semester genap ditambah praktek dan penugasan. Sementara itu, jika dalam ijazah hanya menggunakan satu nilai maka digunakan rata-rata nilai semester I-VI.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru,  Ismardi Ilyas, mengatakan berbeda dari tahun - tahun sebelumnya, tahun ini kelulusan tidak memunculkan juara umum tingkat Kota Pekanbaru.

"Karena kan kelulusan berdasarkan nilai di sekolah. Itu sekolah yang menentukan," jelasnya, Senin 8 Juni 2020.

Dari data yang diterima Disdik Pekanbaru, ada 168 sekolah baik negeri maupun swasta yang menamatkan siswanya tahun ini.

"Data yang kami terima sejauh ini total pelajar yang lulus 17.629 orang,’’ ungkapnya.

Dirincikan, dari 45 SMP negeri yang ada di Pekanbaru, 44 di antaranya meluluskan pelajar di kelas IX tahun ini. Satu sekolah, saat ini masih sampai kelas VII yakni SMPN 45. Seluruh pelajar SMP negeri yang lulus tahun ini berjumlah 10.556 orang.

Sementara itu, SMP swasta di Pekanbaru yang meluluskan peserta didiknya ada 92 sekolah. Sedangkan MTs negeri ada tiga sekolah, MTs swasta 28 sekolah dan SMP terbuka satu sekolah. Total pelajar yang lulus dari SMP swasta dan Mts berjumlah 7.073 orang.

Ditegaskan Ismardi, pelajar dilarang keras merayakan kelulusan, apalagi dengan konvoi kendaraan. Begitu juga dengan corat-coret dan berkumpul.

"Jangan mencoreng dunia pendidikan di Kota Kita ini, dengan merayakan kelulusan,"tegasnya.