Bentuk Edukasi, KPU Pelalawan Sosialisasikan Rumah Pintar Pemilu (RPP)

Rumah-Pintar-Pemilu-RPP.jpg
(RIAU ONLINE)

RIAUONLINE, PELALAWAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau terus meningkatkan sosialisasi mengenai Rumah Pintar Pemilu (RPP) sebagai salah satu bentuk pendidikan pemilih kepada masyarakat. Apalagi saat ini tengah berlangsung tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Bulan September Tahun 2020 mendatang.

"Sehubungan kita KPU Pelalawan memasuki tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada serentak tahun ini, jadi dengan RPP ini akan menjadi upaya pendidikan pemilih kepada masyarakat," ujar anggota KPU Pelalawan, Selamat Mulyono, kepada RiauOnline.co.id, Kamis 27 Februari 2020.

Dikatakannya, Kantor KPU Pelalawan sudah dilengkapi dengan RPP. RPP ini merupakan fasilitas yang ada di Kantor KPU untuk pendidikan pemilih bagi masyarakat.

Selain itu, jelas Mulyono sapaan akrabnya ini, juga sebagai wahana pendidikan demokrasi dan kepemimpinan serta pusat studi, penelitian, atau riset tentang demokrasi dan kepemiluan.

"Untuk itu, wahana edukasi rumah pintar pemilu dapat dikunjungi oleh masyarakat, khususnya oleh pelajar, mahasiswa, umum, dan semua pihak yang tertarik dengan Pemilu," jelasnya.

Diceritakannya lebih jauh, RPP ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan penggiat demokrasi dan kepemiluan dalam berdiskusi serta menyalurkan ide-ide pembaharuan tentang kepemiluan. Karena menurut Mulyono, mengedukasi masyarakat sangat penting.

"RPP didirikan sebagai upaya untuk memberikan pendidikan atau edukasi kepada para pemilih, pemilih pemula dan masyarakat umum akan pentingnya berdemokrasi, sehingga dapat menjadi pemilih yang cerdas," tambahnya.

Rumah Pintar Pemilu, terang Mulyono, juga bisa digunakan sebagai tempat bagi masyarakat untuk datang lalu menjadi paham dan pintar mengenai politik, demokrasi dan hakikat Pemilu.

"RPP ini menjadi salah satu ikhtiar kami untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan memberikan edukasi kepada masyakat sebagai pemilih. Sasaran kita untuk seluruh pemilih, khususnya bagi para pemilih pemula yakni para pelajar, apalagi saat ini bertepatan dengan pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Jadi kita akan meningkatkan partisipasi pemilih, salah satunya melalui RPP ini," pungkasnya.