KPU Riau Atur Siasat Hadapi Serbuan Parpol Malam Ini

Ketua-Komisi-Pemilihan-Umum-KPU-Riau-Nurhamin.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Nurhamin membeberkan strategi agar tidak kelabakan saat di hari terakhir pendaftaran bagi para kader partai politik untuk maju menjadi bakal calon legislatif (Bacaleg) pada 2019 mendatang.

Hingga sore hari ini, baru enam parpol dari 16 partai yang sudah mendaftarkan kadernya. Seperti partai Berkarya, NasDem, PKS, Demkorat, PSI dan PAN. Berdasarkan informasi yang diterima RIAUONLINE.CO.ID, sisanya akan melakukan pendaftaran pada malam hari.

"Sesuai ketentuan bahwa hari ini merupakan hari terakhir hingga pukul 24.00 WIB. Berarti masih banyak partai lagi kan," katanya, Selasa, 17 Juli 2018.

Nurhamin membeberkan dua cara untuk menghindari penumpukan parpol yang hendak mendaftarkan kadernya.

Baca Juga Usai Kalah di Pilgubri, Andi Rachman Lanjut Nyaleg

"Kita lakukan dua pendekatan. Pertama melakukan manual check dan lakukan sistem informasi pencalonan (Silon). Silon ini berkaitan dengan online data. Jadi lebih mudah dan cepat," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah membekali para Liaison Officer (LO) dari masing-masing parpol dengan ilmu yang memudahkan dan mempercepat proses pendaftaran.

"Kami juga sudah memberikan bimtek kepada LO, kemudian kami analisis dalam sistem pencalonan. Nanti disitu akan ketemu kejanggalan," jelasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id