Kisah Polisi Hadapi Kubangan Lumpur Kirim Logistik Pilkada

Ilustrasi-Surat-Suara.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 3.622.488 jiwa menentukan pemimpin Riau lima tahun mendatang untuk periode 2018-2023, hari ini, Rabu, 27 Juni 2018.

Pesta demokrasi tersebut diikuti oleh 1.840.292 pemilih laki-laki dan perempuan 1.782.196.

Namun, dibalik hingar bingar pesta demokrasi rakyat, yang tentu saja diharapkan dengan tingginya angka partisipasi masyarakat, ada perjuangan berat yang harus dihadapi untuk menuju hari ini.

Salah satunya adalah saat personel Kepolisian Resor Indragiri Hulu, Provinsi Riau, yang harus berhadapan dengan medan berat berupa jalanan berlumpur, yang nyaris tidak dapat dilintasi kendaraan dalam mengirimkan logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018.

"Kondisi tersebut dihadapi Aiptu Saparizal ke Dusun II Desa Alim Kecamatan Batang Cinaku, Indragiri Hulu," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Sunarto di Pekanbaru, Rabu, 27 Juni 2018.

Dia menjelaskan Aiptu Saparizal yang turut dalam melakukan pengawalan pengiriman logistik dengan menggunakan mobil jenis Double Gardan tersebut harus beberapa kali terpuruk dalam kubangan lumpur.

Beruntung pengiriman dapat dilakukan tepat waktu dengan bantuan alat berat saat mobil yang dikendarai tim pengirim logistik terpuruk dalam kubangan lumpur.

Untuk diketahui, jalan tersebut memang tidak pernah tersentuh perbaikan dan pengaspalan oleh pemerintah setempat.

Melengkapi Sunarto, Paur Humas Polres Indragiri Hulu, Ipda Juraidi di menjelaskan seluruh logistik Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau di wilayah tersebut telah dikirim ke seluruh penjuru kabupaten.

Meski banyak hambatan, Juraidi mengatakan pendistribusian berjalan aman dan lancar.

"Sudah semua didistribusikan logistik untuk Pilgub Riau ke seluruh TPS hari ini. Terakhir di Kecamatan Kuala Cinaku, Rengat, Rengat Barat dan Seberida," ujarnya.

Selain melalui jalur darat yang menantang, pendistribusian logistik juga dilakukan melalui jalur perairan. Petugas KPU Kabupaten Indragiri Hulu dikawal polisi juga menggunakan perahu nelayan. Perahu bermesin dan dibantu dayung dengan pelan-pelan hingga ke tujuan.

Adalah Brigadir Habibi yang turut serta mengawal petugas KPU membawa logistik ke Dusun Datai Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang gangsal dengan mengunakan perahu. 

"Pengawalan berjalan aman dan lancar, tidak ada kendala," jelasnya.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau diikuti empat pasangan calon yakni Syamsuar-Edy Nasution nomor urut 1 yang diusung partai NasDem, PAN dan PKS. Kemudian paslon Lukman Edy-Hardianto nomor urut 2 diusung partai PKB dan Gerindra.

Lalu Firdaus-Rusli nomor urut 3 dari partai Demokrat dan PPP, serta yang terakhir Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno nomor urut 4 diusung partai Golkar, PDIP dan Hanura. (**)