Hardiknas, Adil Sebut Pendidikan Pengaruhi IPM

Ilustrasi-Sekolah.jpg
(INTERNET)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada hari ini, Rabu, 2 Mei 2018, Komisi V DPRD Riau membidangi pendidikan mengharapkan Dinas Pendidikan lebih fokus dalam meningkatkan kualitas pendidikan saat ini.

"Fokus utama Riau itu harus pada pendidikan, jangan fokus ke yang lain dulu kalau pendidikan belum beres," ungkap Wakil Ketua Komisi V Muhammad Adil, Rabu, 2 Mei 2018.

Sebab menurut Adil, apabila pendidikan sudah optimal, maka bidang-bidang lainnya juga akan ikut bagus, karena pendidikan mempengaruhi semua sektor.

"Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Riau harus naiklah, makanya harus lebih fokus lagi kepada pendidikan, dengan pendidikan semua akan bagus, jalan, UKM, ekonomi kreatif, dan lainnya akan ngikut," jelasnya.

Selain itu, kata Adil, Disdik jangan sampai fokus pada pembangunan infrastruktur saja, tapi lebih banyak beri perhatian kepada SDM, misalnya kesejahteraan guru.

"Saya berharap tidak ada lagi honor komite, semua kalau bisa honor provinsi, jadi tidak ada lagi alasan untuk melakukan pungutan kepada siswa," tambahnya.

Lebih lanjut, kata Adil kesejahteraan memang masih menjadi masalah utama bagi para pendidik yang berada di daerah, dan hal ini sangat disayangkan olehnya.

"Saya kemarin baru reses, banyak guru yang ngeluh, 'kerja saya capek, gaji cuma segini', saya heran peralihan SMA dari kabupaten ke provinsi kok tambah susah," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id