Wah, Semua Baliho di Posko Tim Sukses Melebihi Standar PKPU!

Baliho-di-kantor-tim-sukses.jpg
(Hasbulah Tanjung)

Laporan : HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu ) Riau beserta jajarannya "turun gunung" dalam menertibkan APK masing-masing Paslon Gubernur Riau bersama KPU dan Tim Paslon.

Komisioner Bawaslu Neil Antariksa mengungkapkan peninjauan ini merupakan upaya pengawas pemilu untuk menerapkan aturan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dalam menentukan APK yang boleh dipasang oleh Tim Paslon.

"Baliho yang terpajang di posko semuanya melebihi standar yang ditentukan," ungkap Neil Antariksa, Sabtu, 24 Maret 2018.

Meskipun begitu, lanjut Neil, tiap paslon yang diwakilkan oleh Timnya sepakat untuk menurunkan dan menggantinya sesuai dengan ukuran yang sesuai PKPU.

Ditambahkan Neil, peninjauan hari ini hanya sekedar peringatan karena Bawaslu tidak memiliki alat untuk menurunkannya, pun begitu masing-masing Paslon di beri waktu satu minggu untuk menertibkan APK yang melanggar tersebut.

"Surat dari KPU sudah dimasukan ke Dishub Kota Pekanbaru untuk peminjaman crene, dalam menurunkan APK tersebut, tapi belum ada respon," kata Neil.

Dalam peninjauan ini, setidaknya Bawaslu mendatangi empat lokasi di masing-masing Posko pemenangan tiap Paslon, yakni Jalan Simpang III Kecamatan Bukit Raya, Jalan Arifin Ahmad Kecamatan Marpoyan Damai, Jalan Durian Kecamatan Sukajadi, dan Jalan Kuning Lama Kecamatan Sukajadi.

"Jika tidak diturunkan juga, maka kita akan keluarkan rekomendasi kepada KPU, dan pihak KPU akan memberikan teguran administrasi kepada paslon yang masih belum menurunkan APK tersebut," tutupnya. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id