278 Guru Pensiun Tahun Ini, Pekanbaru Akan Hadapi Masalah Klasik Ini

ILUSTRASI-GURU.jpg
(SUMSEL UPDATE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 278 orang guru tingkat SD dan SMP di Pekanbaru akan pensiun tahun 2018.

Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Irpan Maidelis mengatakan 278 orang guru yang akan pensiun umumnya memang sudah memasuki akhir masa kerja sebagai PNS.

"Sebagian besar yang akan pensiun guru-guru tamatan sekolah pendidikan guru (SPG)," katanya kepada Pekanbaru.go.id, Minggu, 11 Maret 2018.

Sementara saat ini, sebut Irpan, terdapat 4.183 orang tenaga pengajar atau guru PNS di Kota Pekanbaru, terdiri dari 131 orang dari guru TK, 2.586 orang guru SD, serta 1.466 orang guru SMP.

Pensiunnya guru PNS tersebut tentunya membuat Pemerintah Kota Pekanbaru mengalami kekurangan guru. Sebab itu, sejak 2016 lalu, Pemko Pekanbaru sudah beberapa kali mengusulkan penambahan guru atau pengangkatan guru PNS kepada Pemerintah Pusat. Apalagi, masalah kekurangan guru ini sudah menjadi masalah klasik yang tak kunjung tuntas.

Menurut Irpan, Disdik Kota Pekanbaru mencatat terdapat sebanyak 1.231 orang guru honorer di Pekanbaru. Sedangkan saat ini, terdapat 3 TK, 194 SD, serta 44 SMP yang tersebar di Pekanbaru.

"Harapan kami agar pemerintah pusat bisa segera merealisasikan pengangkatan guru PNS," pungkasnya.