Aktual, Independen dan Terpercaya


Begini Kronologi Saat Ribuan Mahasiswa Duduki Ruang Paripurna DPRD Riau

mahasiswa-bobol-pengaman-dprd-riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

LAPORAN: HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ribuan massa yang tergabung dalam aliansi Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Riau dan sopir angkot menggelar aksi unjuk rasa hingga berhasil memasuki ruang Paripurna DPRD Riau dan menggelar Parodi Paripurna, kemarin, Senin, 5 Maret 2018.

Diungkapkan salah seorang mahasiswa aksi dari UIN Suska Riau, Okta Albeni, ia mengaku massa sudah menyusun rencana sebelum perjalanan menuju kantor DPRD Riau.

"Ceritanya, kami bagi dua kelompok dalam perjalanan menuju ke DPRD. Kawan-kawan dari UR beraksi dari luar pagar DPRD, sedangkan kami dari UIN mamisahkan diri dari masa aksi dan langsuang menuju masjid DPRD untuk salat Ashar terlebih dahulu," ungkapnya saat dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 6 Maret 2018.

Setelah salat Ashar, dilanjutkan Beni, massa langsung menuju pagar dan menunggu yang lainnya di sisi dalam pagar, namun mereka dihalau oleh aparat dan disuruh keluar lewat pagar samping.

Baca Juga Duduki Gedung Dewan, Massa Aksi Gelar Sidang Paripurna

"Namun, kami menolak dan tetap menunggu di dalam pagar, saat massa mulai dorong-dorongan kami juga ikut membuka pagar dari dalam sampai jebol, dan kawan-kawan yang lain pun bisa masuk ke dalam selanjutnya menuju ruang paripurna," tambahnya.

Diakui Beni, massa memanfaatkan konsentrasi aparat keamanan yang terpecah karena kelompok massa yang terbagi dua ini.

"Pas siap salat, tim baraccuda masih sibuk mempersiapkan diri dengan baju pengamanan dan tamengnyo. Masak lawan mahasiswa saja pakai tameng, kami cuma modal almamater saja," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id