5 Unit F16 Tiba untuk Perkuat Pertahanan Udara Lanud Roesmin Nurjadin

F-16-tiba-di-Lanud-Iswahyudi.jpg
(Sindonews)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Indonesia menerima hibah 24 unit jet tempur F16 C/D pada awal 2018 ini. Seluruh pesawat itu sudah tiba di Indonesia, tepatnya Lanud Iswahyudi, Madiun Jawa Timur untuk selanjutkan didistribusikan ke beberapa lokasi.

Salah satu lokasi yang terpilih adalah Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, guna memperkuat Skadron 16. Hari Kamis 1 Maret 2018 ini, F16 C/D tiba untuk memperkuat generasi sebelumnya, yakni A/B.

Sebanyak ‎lima unit pesawat tempur jenis F16 C/D "fighting falcon" Block 52ID tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin.

Baca juga:

24 Pesawat Tempur F-16 Hibah Dari AS Perkuat Keamanan Langit Indonesia

Inilah Kelebihan 24 Unit F16 Bakal Bermarkas Di Pekanbaru

"Lima unit pesawat F16 C/D yang hadir hari ini merupakan bagian dari 24 pesawat F16 C/D yang dibeli dari Amerika Serikat," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama Age Wiraksono di Pekanbaru.

Ia menuturkan, ke lima jet tempur buatan negeri Paman Sam itu secara bertahap akan menggantikan pesawat F16 A/B yang saat ini memperkuat Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

Dengan hadirnya pesawat F16 C/D, nantinya F16 generasi sebelumnya akan menjalani peningkatan kemampuan atau "upgrade" secara bertahap di Lanud Iswahyudi.

Secara perlahan, dia mengatakan Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin seluruhnya akan diperkuat dengan 24 unit pesawat F16 C/D yang merupakan hibah dari Amerika Serikat tersebut.

Lebih jauh, ia menjelaskan seluruh penerbangan Lanud Roesmin Nurjadin telah siap dan mampu menerangkan pesawat generasi baru tersebut.

"Seluruh penerbang disini sudah mampu menerbangkan seluruh F16. Kapanpun siap tempur, siang, malan, perang udara, darat, laut, siap," tegasnya.

Indonesia membeli 24 unit F-16C/D Block 25 bekas pakai Angkatan Udara Garda Nasional Amerika Serikat. Ke-24 pesawat tempur yang dibeli seharga 700 juta dolar Amerika Serikat itu diperbarui struktur dan rangkanya, perangkat avionika dan sistem pendukung persenjataannya sehingga diharapkan setara dengan F-16 Block 52, sehingga diimbuhi huruf ID di belakang kata Block52 itu.

Sementara Lanud Roesmin Nurjadin merupakan satu-satunya pangkalan militer tipe A di Sumatera yang dilengkapi dua skuadron pesawat tempur TNI AU, yaitu Skuadron Udara 12 yang bermaterikan Hawk 100/200 buatan British Aerospace dan Skuadron Udara 16 yang bermaterikan F-16 Fighting FalconBlock52ID.

Selain Skuadron Udara 16, masih ada "saudara tua" mereka yang juga bermaterikan F-16A/B, yaitu Skuadron Udara 3 yang berpangkalan di Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi. Ke-12 unit F-16A/B di Skuadron Udara 3 itu dibeli baru sama sekali sehingga Indonesia termasuk negara pertama ASEAN operator pesawat tempur itu, setelah Singapura dan Thailand. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id