Terdakwa Tipikor Alih Fungsi Hutan Meninggal Sehari Jelang Dituntut Jaksa

Otopsi-Mayat.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satar Hakim, terdakwa kasus dugaan korupsi alih fungsi lahan hutan di Desa Usul, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), meninggal dunia. Mantan Kepala Desa Usul itu dikabarkan menghembuskan napas terakhir, Selasa, 30 Januari 2018, sekitar pukul 15.30 WIB.

Satar meninggal dunia sehari jelang sidang agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Tipikor Pekanbaru. Sesuai jadwal, sidang akan digelar pada Rabu, 31 Januari 2018.

Kepala Rutan Klas IIB, Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Azhar, mengatakan, sebelum meninggal, pria berusia 50 tahun itu sempat dirawat di klinik rutan. Ia meminta meminta izin berobat ke rumah sakit pada Jumat, 26 Januari 2018.

"Bersangkutan minta izin berobat, ada izin jaksa juga. Dia didiagnosa mengalami penyumbatan pembuluh darah di otak dan dirawat di RSUD Arifin Ahmad. Meninggal di sana (rumah sakit)," kata Azhar.

Sementara, Panitera Muda Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru, Denni Sembiring, mengaku sudah mendapat kabar tersebut. "Kita sudah diberitahu jaksanya," kata Denni.

Namun, meninggalnya terdakwa akan membuat perkara gugur. "Untuk pastinya, kita tunggu putusan majelis hakim," kata Denni.

Denni mengatakan, dengan meninggalnya terdakwa, otomatis perkara yang menjeratnya akan gugur. Namun, untuk kepastiannya akan diumumkan langsung oleh majelis hakim yang menyidangkan perkara.

Berdasarkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum, Satar Hakim, diduga melakukan alih fungsi lahan kawasan hutan di Desa Usul pada periode tahun 2006-2012 silam. Terdakwa menjual lahan kepada Mastor alias Asun seluas 40 hektar dengan membuat Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) dan Surat Keterangan Tanah (SKT) atas hak penguasaan lahan untuk dilakukan penambangan batu andesit.

Dari pembuatan SKGR dan SKT itu, terdakwa mendapat uang Rp80 juta. Akibat perbuatan terdakwa negara mengalami kerugian Rp715.974 dan kerusakan hutan di kawasan penambangan batu andesit. (*/1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id