Aktual, Independen dan Terpercaya


Tugas Berat Menanti Panwaslu se-Riau yang Baru Dilantik

Pelantikan-Panwaslu-se-Riau.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 36 Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten dan Kota se-provinsi Riau telah diseleksi dan dilantik pada Jumat, 25 Agustus 2017 kemarin. Selanjutnya, ada tugas berat yang menanti mereka.

Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja beberkan apa saja yang akan dikerjakan oleh panwaslu baru ini. Satu diantaranya adalah tugas untuk mengawasi pesta demokrasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau.

Baca juga!

Dari 364 Pelamar, Panwaslu Hanya Terima 36 Panwas Kecamatan

Selamat, 36 Panwaslu Se-Riau Resmi Dilantik

Serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati untuk wilayah Inderagiri Hilir yang tahapannya akan dilakukan di bulan Oktober mendatang.

"Tugas mereka yang paling utama ialah pemilihan kepala daerah (pilkada) khususnya Gubernur Riau. Kedua adalah untuk membantu verifikasi partai politik (parpol) yang tahapannya akan dimulai pada bulan Oktober 2018 nanti," katanya usai pelantikan panwaslu di gedung daerah.

Hal itu karena Bawaslu RI memiliki jenjang sampai ke tingkat Panwas. Untuk itu mereka juga akan dimintai melakukan verifikasi terhadap parpol-parpol yang ikut serta meramaikan pesta demokrasi mendatang.

Meskipun diakuinya tugas dari Panwaslu ini multi fungsi berbeda dari tahun sebelumnya, namun kembali dikatakannya bahwa mereka harus mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

"Saya yakin mereka akan mampu. Karena pengalaman mereka kan ada. Kemudian dalam beberapa hari ini mereka akan lakukan bimbingna teknis (bimtek) Bawaslu Provinsi untuk pembacaan modul, kami harapkan 1 bulan siap. Dengan upaya seperti itu, diharapkan mereka akan lebih mampu lagi," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline