Aktual, Independen dan Terpercaya


Yuk, Intip Dua Kapal Siluman Anti Radar Buatan Anak Negeri

Kapal-PT-PAL-Indonesia.jpg
(DETIK.COM/Dok. PT PAL INDONESIA)

RIAUONLINE - Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) dan Kapal Cepat Rudal (KCR), dua kapal buatan PT PAL Indonesia (Persero) yang mengadopsi teknologi stealth. Dengan teknologi stealth, kapal perang ini tidak akan terdeteksi oleh radar milik musuh.

Sekretaris Perusahaan PT PAL, Elly Dwiratmanto mengatakan, Agar tidak terdeteksi radar musuh, pembangunan kapal harus memperhatikan sejumlah ketentuan. Kapal PKR dan KCR didesain dari sisi bentuk getarannya, kebisingannya. Sehingga, membuat kedua kapal perang ini tidak bisa terdeteksi oleh radar.

"Puluhan kilometer kalau di laut enggak terdeteksi," tambah Elly.

Kapal PKR, saat ini sudah digunakan oleh TNI Angkatan Laut untuk menjaga kedaulatan Indonesia. Kapal jenis ini juga banyak digunakan oleh negara lain.

Kapal PKR(DETIK.COM/Dok. PT PAL INDONESIA)

"Tentunya yang Indonesia baru dua ini. Kapal jenis ini negara besar sudah punya," tutur Elly, dikutip dari detikcom, Kamis, 13 April 2017.

Kapal KCR(DETIK.COM/Dok. PT PAL INDONESIA)

Sementara untuk kapal KCR, PT PAL masih fokus untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Hingga kini, tercatat 3 unit kapal PCR yang sudah dibangun PT PAL. "KCR yang sudah kita serahkan kan tiga, itu 2015 akhir. Sekarang masih bangun lagi satu untuk TNI semua," ujar Elly.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline