Aktual, Independen dan Terpercaya


Wow, Balitbang Akan Terapkan Gerakan Konsumsi Sagu Satu Hari

Olahan-Sagu.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIYANTO)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Riau, Arbaini mengatakan bahwa akan mempercepat proses nilai tambah tanaman sagu bagi masyarakat Provinsi Riau.

 

Salah satu usaha upayanya itu adalah dengan cara melakukan deklarasi yang juga bertepatan dengan peringatan hari pangan se dunia 2016.

 

"Ini semua untuk mendorong inovasi pangan berbahan dasar sagu untuk kemandirian pangan, menggerakkan dan mengoptimalkan peran Pemerintah, masyarakat dan dunia usaha," ucapnya di kantornya, Selasa, 25 Oktober 2016.

 

Nanti upayanya itu akan diwujudkan salah satunya dengan cara gerakan mengonsumsi satu hari sagu dalam semingu. "Ini juga dibutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak agar upaya kami ini terujud," katanya.

 

Harapannya, dengan upayanya ini makanan berbahan sagu akan makin dikenal dan juga berdampak kepada kesejahteraan rakyat.

Baca Juga: Riau Pecahkan Rekor MURI Kuliner Sagu Terbanyak

 

"Kami berharap besar kolaborasi dan sinergi antara Pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi dan masyarakat dalam rangka percepatan daya saing produk sagu yang akhirnya juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

 

Sementara peniliti dari Balitbang, Heryuda Rini menjelaskan satu hari mengonsumsi sagu itu akan di terapkan diseluruh instansi, perusahaan beserta masyarakat.

 

"Nanti juga akan di terapkan di rumah sakit, hotel dan restoran yang ada di Riau. Nah kalau di Pemerintahan sendiri minimal wajib mengonsumsi sagu itu setiap rapat," tutupnya.‎

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline