Kabupaten Siak Catat Sejarah Gelar Hari Lingkungan Hidup di Luar Istana Negara

siti-nurbaya-1.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, SIAK - Untuk pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia digelar di luar Istana Negara. Sejarah itu ditorehkan oleh Siak yang menyelenggarakannya di luar Istana Negara dan Pulau Jawa. 

 

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia ini digelar hari ini, Jumat, 22 Juli 2016, di sebuah lapangan depan Istana Siak Sri Indrapura dihadiri langsung Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla. 

 

Catatan RIAUONLINE.CO.ID, setidaknya diserahkan 390 penghargaan lingkungan hidup. Perinciannya, JK, panggilan Jusuf Kalla akan menyerahkan 72 penghargaan bidang lingkungan hidup kepada 31 penerima, terdiri penerima penghargaan Kalpataru (10 penerima), penghargaan Nirwasita Tantra (8 penerima), penghargaan Adiwiyata Mandiri (23 penerima), serta penghargaan Adipura (Paripurna, Buwana dan Kirana).

 

Baca Juga: Puncak WED di Siak Akan Jadi Ajang Penyerahan 390 Penghargaan Lingkungan

 

Pada malam anugerah lingkungan hidup dan kehutanan 2016, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya akan menyerahkan sekitar 318 penghargaan lingkungan, yang terdiri dari 16 plakat Kalpataru, Adiwiyata Mandiri kepada 99 sekolah, Adipura kepada 200 penerima dan 3 trophy Nirwasita Tantra Award. Selain itu, juga akan diserahkan penghargaan lomba Wana Lestari dan apresiasi Wana Lestari.

 

 

"Hari lingkungan hidup dunia pertama di luar Istana Negara, tahun 2016, di Siak. Kenapa memilih Siak, karena Siak di Provinsi Riau ada persoalan-persoalan menonjol dan menjadi perhatian utama," kata Menteri Siti Nurbaya, Kamis, 21 Juli 2016. 

 

Pemerintah pusat, tuturnya, melihat kebakaran, konflik sumberdaya alam, harus diselesaikan langkah-langkah spontan harus dilakukan pemerintah daerah. "Saya dapat laporan dari Bupati Siak (Syamsuar), menyisihkan anggaran untuk lingkungan hidup. Pak Bupati ada tekad dari Pemda Siak untuk menjadi Kabupaten Hijau," jelas Siti Jurbaya.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline